Insight

7 Aplikasi Pilihan Arsitek

7 Aplikasi Pilihan Arsitek

Mendengar kata arsitek pasti banyak yang memikirkan mengenai rumah lebih tepatnya desain rumah. Arsitek sering dikenal sebagai seorang yang mendesain rumah atau lebih sering dipanggil penggambar rumah.

Namun, sebenarnya arsitek sendiri merupakan sosok orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi jalannya konstruksi bangunan atau kerap disebut dengan perancang bangunan. Sebelum rumah dibuat memang harus dibuatkan desainnya terlebih dahulu, agar saat pembuatannya terperinci dan tidak ada kesalahan. Untuk itu memang desain rumah sangat penting sebelum rumah didirikan. Tidak heran jika sebuah perusahaan biasanya berani membayar mahal jasa para arsitek bangunannya, tapi untun orang awam sering tidak mengetahui berapa jumlah kisaran gaji yang bisa diterima seorang arsitek. Gaji seorang arsitek biasanya dilihat dari berapa lama pengalaman kerja dan riwayat pendidikan. Pantas jika gaji seorang arsitek tergolong tinggi karena memang pekerjaan yang tergolong sulit. Bangunan yang dibuat harus dipikirkan matang-matang berapa lama bangunan akan berdiri, bagaimana desain yang tepat bagi tanah yang berukuran kecil, bangunan harus simetris, dan masih banyak lagi.

Untuk itu mereka menggunakan aplikasi andalan yang mereka anggap sangat membantu bagi pekerjaannya. Inilah 7 aplikasi Andalan bagi para arsitek.

  1. Archicad

Archicad

Archicad adalah sebuah perangkat lunak dengan kelengkapan yang dapat digunakan dalam semua proyek-proyek 2D ataupun 3D. Aplikasi ini dapat digunakan oleh desainer pemula ataupun mahasiswa arsitektur. Software ini sangat mudah digunakan, bahwa arsitek junior dan arsitek senior juga dapat dengan mudah memanfaatkan potensi yang dimiliki aplikasi tersebut. Archicad juga memiliki hampir semua fitur aplikasi yang ada tidak dimiliki perangkat lunak lain, dan yang paling penting yang dimiliki Archicad adalah kemudahan dalam merancang.

  1. Autocad Architecture

Autocad Architecture

Autocad ini adalah Software yang biasa digunakan oleh para arsitek profesional dalam merancang atau mendesain bangunan, karena software ini sangat cocok untuk kebutuhan para arsitek profesional, selain itu efisiensi dan kelebihan-kelebihan lain yang terdapat pada software ini tidak dimiliki software-software lain. Versi ini memiliki free trial yang bisa diunduh gratis, sebelum membeli software yang asli. Software ini sering diajarkan kepada para pelajar SMK jurusan Teknik Gambar Bangunan atau Arsitek karena keunggulannya.

  1. Chief Architect

Chief Architect

Sebuah software desain kerap digunakan para profesional yang dapat membantu menghasilkan karya 3D. Software ini memiliki fitur yang dapat membuat desain rumah dan renovasi tampak mudah. Software ini digunakan oleh sebagian besar arsitek untuk menciptakan desain yang diinginkan oleh klien dalam hasil 2D atau 3D, karena kemudahan yang digunakan dan hasil yang optimal.

  1. Google Sketch Up

Google Sketch Up

Software berbasis 3D yang membantu para arsitek untuk menciptakan ruang dalam bentuk digital. Sketchup merupakan aplikasi 3D yang paling mudah diantara aplikasi lainnya. Sejauh ini di konsultan Arsitektur, Sketchup merupakan syarat minimum untuk bisa diterima bekerja. Poin plus bagi kamu yang turut menguasai plugin rendering seperti Vray. Untuk itu software ini harus dikuasai oleh para arsitektur sebelum masuk ke dunia kerja.

  1. Punch Software

Punch Software

Software keluaran Amerika yang berbasis lansekap ini menggabungkan kecanggihan NexGen dengan kualitas foto sebenarnya sehingga memungkinkan arsitek untuk menghasilkan gambaran secara real perumahan atau rumah impian para customer.

  1. Vector Work Architecture

Vector Work Architecture

Prangkat lunak yang satu ini tampak tidak sesederhana untuk diaplikasikan seperti perangkat lunak lainnya, namun melalui keterlibatan desainer dapat menghasilkan hasil yang luar biasa dan menghasilkan proyek-proyek yang luar biasa juga. Perangkat lunak ini juga mendukung pemodelan gedung.

  1. 3D Studio Max

3D Studio Max

3ds Max merupakan salah satu perangkat lunak yang paling banyak digunakan saat ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa untuk animasi, modelling, rendering, dan games serta plugin untuk apliksi desain arsitektur yang lengkap.

Itulah ketujuh aplikasi Andalan arsitek. Dengan adanya aplikasi atau software tersebut dapat mempermudah pekerjaan arsitek. Dan dapat mempromosikan sebuah gedung atau perumahan melalui virtual dari rumah yang akan dibuat.

Masukkan komentar anda.

To Top