Nature

7 Bunga yang Bisa Dimakan

7 Bunga yang Bisa Dimakan

Berbicara tentang bunga memang terkenal dengan keanggunan dan kecantikannya. Karena kecantikannya biasanya bunga dijadikan hiasan rumah hingga hiasan rambut. Tapi kali ini manfaat bunga bukan dijadikan hiasan saja. Karena ternyata terdapat beberapa jenis bunga yang dapat dimakan. Memang terlihat aneh tetapi bunga yang dapat dimakan ini memang benar adanya. Berikut beberpa jenis bunga yang bukan hanya dijadikan hisan tapi juga dapat dimakan:

  1. Bunga Krisan

Bunga Krisan

Selain terkenal dengan keelokan bunganya dan sering dijadikan hiasan vas bunga di rumah. Bunga yang memiliki nama latin Chrystanthenum coronarium ini ternyata dapat dimasak untuk dijadikan makanan bagi manusia. Biasanya bunga krisan dijadikan bahan tambahan disalad karena bentuk bunganya yang mirip dengan sayur bunga kol. Bukan hanya bunganya saja yang dapat diolah menjadi makanan karena batang dan daunnya juga masih dapat diolah menjadi beberapa resep masakan yang memanjakan lidah.

  1. Bunga Mawar

Bunga Mawar

Bunga mawar memang sangat terkenal dengan keromantisanya. Kari bagi seseorang yang mempunyai kekasih akan memberikan bunga mawar kepada sang pujaan hari sebagai tanda cinta dan sayangnya. Tanpa disadari bahwa bunga mawar ternyata dapat dimakan secara langsung ataupun di olah menjadi resep makanan yang sangat membuat perut terasa lapar. Hampir semua jenis bunga mawar dapat dimakan asalkan tidak memakan bagian putih atau benang sari pada bunga mawar.

  1. Bunga Lavender

Bunga Lavender

Mendengar tanaman yang satu ini pasti berfikir bahwa bunga lavender mempunyai fungsi sebagai pengusir nyamuk dan pengharum ruangan. Karena bunga yang terkenal dengan warna ungu ini dapat dijadikan penambah resep dimakanan. Karena rasanya yang manis bunga lavender ini cocok dijadikan ice cream dan toping di masakan manis lainya.

  1. Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga yang identik dengan warna kuning dan memiliki nama latin Helianthus annuus memang dikenal sebagai tanaman hias. Karena fugsi dari biji bunga matahari terdapat banyak khasiat mulai dari melawan kanker, baik untuk tulang dan kulit, dan masih banyak khasiat lainya.

  1. Bunga Lily

Bunga Lily

Jika melihat bunga lily yang sedang mekan mungkin sebagian orang akan memanfaatkannya sebagai tamanaman hiasan di rumah atu bisa juga diletakan didalan vas untuk mempercantik ruangan karena keindahan bunga lily saat bermekaran. Sekarang bunga lily mempunyai fungsi baru bukan hanya untuk mempercantik ruangan. Aromanya yang sedap bunga lily juga dapat dijadikan sebagai beberapa macam masakan, seperti: gorengan, campuran yoghurt, dan masih banyak lainya.

  1. Bunga Sepatu

Bunga Sepatu

Bunga sepatu termasuk dalam bunga yang sering kita jumpai di taman rumah kita, karena keelokan dan kecantikan dari bunga sepatu seseorang akan hanya dibuat suka dengan bunganya saja dengan tanpa diketahui kalau bunga sepatu dapat dijadikan berbagai makanan yang memanjahkan lidah, seperti: sup atau bahkan menjadi rempah-rempah dari bumbu masakan. Bukan hanya menjadi makanan berat saja karena bunga sepatu dapat dijadikan makanan camilan, seperti: kue, minuman teh sepatu.

  1. Bunga Melati

Bunga Melati

Bunga melambangkan kesucian ini ternyata memiliki segundang manfaat yang dapat dituangkan menjadi makanan dan minuman, seperti: teh dengan aroma melati, ataupun memakannya secara langsung. Banyak sekali manfaat jika memakan bunga melati salah satunya untuk menjaga kecantikan wajah.

Itulah beberapa macam bunga yang dapat dijadikan beberapa masakan yang sangat lezat. Tapi sebelum memasak dari bunga tersebut harus memperhatikan asal-usul tumbuhnya bunga tersebut. Dan juga jangan terlalu sering memakan masakan dari bunga. Karena yang terlalu banyak itu juga tidak baik untuk kesehatan.

Masukkan komentar anda.

To Top