Insight

7 Jenis Burung Cantik Yang Mulai Langka Di Dunia Ini

burung cantik yang langka di dunia

Burung adalah salah satu hewan yang cantik yang banyak dijadikan peliharaan oleh manusia. Beragam corak dan keunikan yang dimiliki burung burung tersebut, membuat mereka banyak diburu untuk dijadikan hewan peliharaan ataupun diperjualbelikan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan atas hewan-hewan terbang tersebut.

7 burung ini adalah burung-burung yang sudah langka, dan mungkin sangat sulit untuk ditemukan oleh manusia.

Spix’s Macaw

 

burung spix macaw

Burung ini adalah burung beo dengan warna biru keabu-abuan yang sangat cantik. Sangat sulit untuk memiliki burung ini untuk dijadikan hewan peliharaan. Karena burung ini harus memiliki sarang di sebuah pohon Caraibera. Diperkirakan burung ini sudah tidak ada lagi di alam liar. Namun beberapa diantaranya ada di penangkaran untuk dilestarikan.

Sri Lanka Frogmouth

 

burung sri lanka frogmouth

Sesuai dengan namanya, burung ini biasa ditemukan di daerah Sri Lanka. Jika dilihat secara sepintas burung ini mirip seperti burung hantu pada umumnya. Namun jika diperhatikan lagi pada bagian bulunya burung ini memiliki corak yang unik yaitu berupa bintik-bintik putih di seluruh tubuhnya. Sekarang, burung ini sudah sangat sulit untuk ditemukan di alam liar.

Helmeted Hornbill

 

burung helmeted hornbill

Burung yang banyak ditemukan di wilayah kalimantan, sumatra, dan sedikit di daerah semenanjung malaya ini saat ini sudah sangat sulit untuk ditemukan. Burung ini berukuran cukup besar pada bagian kepalanya. Memiliki paruh yang besar hingga hampir menutupi bagian depan kepala burung ini. Kebanyakan burung Hornbill berwarna gelap. Pada bagian leher burung ini berwarna merah untuk jantan dan biru untuk betina.

Hoopoe

 

burung hoope

Setiap orang yang melihat burung ini pasti ingin memilikinya. Karena bentuknya yang sangat lucu dan memiliki warna bulu yang sangat cantik. Burung ini memiliki semacam mahkota di atas kepalanya berwarna coklat dengan ujung hitam dan putih. Mayoritas bulunya berwarna coklat, dengan bagian sayap berwarna corak hitam dan putih. Bentuk sayap dari burung ini menyerupai hewan kupu-kupu. Burung ini berukuran sangat kecil hingga ukuran tubuhnya sangat ringan.

Hoatzin

 

burung hoatzin

Burung langka yang satu ini dulunya banyak ditemukan di daerah rawa-rawa di dalam hutan amazon dan hutan-hutan lain di amerika selatan. Burung yang biasa dijuluki dengan nama stinkbird ini umumnya berukuran cukup besar dengan sayap yang sangat lebar. Burung ini memiliki leher yang panjang kepala yang kecil dan juga mahkota yang unik.

Imperial Amazon

 

burung imperial amazon

Berasal dari daerah karibia, dominica, burung ini mulai sulit untuk ditemukan. Jika anda pernah melihat bendera dari negara dominica, di dalamnya terdapat gambar dari burung ini. Burung dengan warna perpaduan biru dan hijau yang sangat cantik ini sudah dinyatakan punah dan hanya tinggal hidup di penangkaran untuk dilestarikan.

Turquoise Browed Motmot

 

burung turquoise motmot

Burung yang cantik ini biasanya ditemukan pada wilayah tropis di amerika selatan. Namun sebenarnya burung ini berasal dari Swiss. Warna-warna yang ada pada burung ini dapat memanjakan mata anda ketika melihatnya. Burung ini berukuran kecil, dengan kombinasi warna bulu biru langit dan hijau lumut dengan sedikit corak merah maroon, dilengkapi dengan ekor yang berukuran sangat panjang, membuat burung ini banyak diburu oleh manusia.

Itulah beberapa jenis burung yang sudah mulai langka di dunia. Maka dari itu sebagai manusia kita harus bisa ikut melestarikan burung-burung yang mulai langka agar keindahannya dapat dinikmati di kemudian hari. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel kami mengenai 7 racun yang berbahaya yang bisa berujung kematian!

Masukkan komentar anda.

2 Comments

2 Comments

  1. bebbynst

    January 2, 2018 at 4:17 PM

    spix macaw, imperial amazon sama turquoise lucu bgt 🙁

  2. Pingback: Hati-hati! 7 Ular Paling Berbisa Di Dunia Ini Ada Yang Dari Indonesia Loh! | SNARG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top