Sports

7 Fakta Asian Games yang Sangat Jarang Diketahui Orang

7 Fakta Asian Games yang Sangat Jarang Diketahui Orang

Saat ini, perhelatan pesta olahraga terbesar se-Asia, yaitu Asian Games sedang hangat dijalani oleh banyak atlet dari berbagai negara di Asia. Asian Games yang digelar di Indonesia dengan mengambil tempat di Jakarta dan Palembang ini dapat dikatakan sebagai salah satu yang termegah dari perhelatan-perhelatan Asian Games yang lalu.

Selain menjadi salah satu perhelatan termegah, ternyata ada beberapa fakta menarik baik seputar Asian Games 2018 ini atau juga gelaran sama di tahun sebelumnya. Penasaran seperti apa, berikut 7 daftar fun facts terkait Asian Games yang jarang diketahui orang menurut jasabola.

  • Asian Games 2018 sebenarnya digelar di Surabaya

Pada saat perebutan hak untuk menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games XVIII yang bakal digelar pada tahun 2019, Hanoi menduduki peringkat pertama yang didasarkan dari perolehan suara terbanyak dan Surabaya adalah berdiri sebagai runner-up. Dikarenakan hal itulah, akhirnya tuan rumah Asian Games XVIII diserahkan ke Vietnam dengan tempat di Hanoi.

Asian Games 2018 sebenarnya digelar di Surabaya

Sayangnya, setelah mempertimbangkan segala aspek, termasuk masalah ekonomi, pada tanggal 17 April 2014 kemarin, Vietnam memutuskan mundur sebagai tuan rumah Asian Games 2019. Sebagai kandidat kuat pengganti Vietnam adalah Indonesia dengan tempat di Surabaya karena menduduki posisi 2 dalam voting.

Setelah berkomitmen sanggup menggelar ajang besar itu, kembali lagi ada penyayangan yang lahir, Surabaya memutuskan memilih mundur sebagai venue utama Asian Games 2019 dikarenakan telah terpilih sebagai tempat penyelenggara Asian Youth Games 2021. Untuk itu, akhirnya diputuskan bahwa sebagai penggantinya adalah Jakarta dan Palembang sebagai venue resminya, sekaligus mengganti jadwal penggelarannya dari tahun 2019 menjadi tahun 2018.

  • Cikal bakal Asian Games hanya diikuti oleh 6 negara

Cikal bakal Asian Games hanya diikuti oleh 6 negara

Sebelum dikenal dan disebut dengan nama Asian Games, pada tahun 1913, seorang presiden dari Philippine Amateur Athletic Association and Manila Carnival Games bernama Elwood Brown mengirimkan proposan penggelaran kompetisi olahraga bersama kepada Kekaisaran Jepang dan Cina. Brown menyebut ajang kompetisinya itu dengan nama Far Eastern Olympic Games.

Dan akhirnya pada tanggal 4 Februari 1913, Far Eastern Olympic Games digelar untuk yang pertama kali dan diikuti oleh 6 negara saja, yaitu Filipina, Republik Cina, Kekaisaran Jepang, British East Indies (Malaysia), Kerajaan Thailand dan Hong Kong.

  • Maskot pertama Asian Games yang bernasib mengenaskan

Maskot pertama Asian Games yang bernasib mengenaskan

Secara umum, tradisi penggunaan maskot dalam bentuk fiksi atau rekaan untuk sebuah ajang Asian Games baru mulai dilakukan pada tahun 1982, namun jauh sebelum itu, pada tahun 1951, India adalah negara yang menggunakan maskot dari sebuah hewan asli.

Maskot yang digunakan oleh India adalah seekor gajah jantan Asia bernama Appu. Sayangnya, walaupun akhirnya terkenal karena dijadikan maskot, namun sebenarnya gajah satu ini cukup menderita. Dia harus mempelajari banyak gerakan, dipindahkan ke sana dan ke mari sampai diperebutkan oleh pihak sirkus yang mengasuhnya sejak kecil dengan pihak Pemerintah India.

Dikarenakan eksploitasi secara berlebihan tersebut, Appu harus menghembuskan napas terakhirnya setelah mengalami patah tulang kaki depan dan berakibat pada peradangan sendi dan demam tinggi.

  • Indonesia dikeluarkan dari keanggotaan IOC

Indonesia dikeluarkan dari keanggotaan IOC

Pada tahun 1962, Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk dapat menggelar Asian Games, namun sayangnya dikarenakan masalah politis dan keagamaan, Indonesia kemudian tidak mengizinkan Israel untuk ikut serta dalam ajang tersebut. Dikarenakan hal itulah, International Olympic Committee (IOC) mengganggap Indonesia diskriminasi dan akhirnya berhenti memberikan dukungan sebagai sponsor dan juga mengeluarkan Indonesia dari daftar keanggotaan IOC.

  • Israel adalah negara pertama yang diusir dari Asian Games

Israel adalah negara pertama yang diusir dari Asian Games

Setelah menyatakan merdeka pada tahun 1948, Israel belum pernah sekalipun mendapatkan boikot dari para tuan rumah Asian Games. Namun setelah dilarang ikut serta oleh Indonesia pada Asian Games IV tahun 1962, banyak penyelenggara Asian Games yang juga sedikit mempersulit posisi Israel. Ujungnya adalah pada saat digelarnya Asian Games 1974, secara resmi Asian Games Federation (AGF) menjatuhkan sanksi pencabutan status keanggotaan kepada Israel karena konfrontasi dengan Palestina.

  • Majakerta, desa kecil yang terlupakan sejarah

Majakerta, desa kecil yang terlupakan sejarah

Pada tahun 1962, Indonesia untuk kali pertama berhasil menjadi tuan rumah Asian Games. Sayangnya, ada satu hal yang cukup penting namun justru sangat jarang diketahui orang, yaitu sebuah desa bernama Majakerta. Desa yang ada di Kecamatan Balongan, Indramayu, Jawa Barat tersebut sangat jarang atau bahkan mungkin tidak pernah disebut atau diulas pada saat akan digelarnya Asian Games 2018 ini. Padahal, Majakerta cukup berjasa dalam penyelenggaraan karena api obornya didapatkan dari api alami yang berasal dari gas alam di desa tersebut.

  • e-Sport dan Asian Games 2018

e-Sport dan Asian Games 2018

Jika mendengar kata Asian Games, maka dalam otak yang tergambar adalah sebuah ajang olahraga yang mengandalkan kekuatan fisik dan stamina serta lapangan yang cukup luas, namun ada satu keunikan pada penggelaran Asian Games 2018 ini, yaitu untuk kali pertamanya e-sport diikutsertakan di dalamnya.

Masukkan komentar anda.

To Top