Nature

7 Gempa yang Lebih Mematikan yang Pernah Terjadi di Indonesia

7 Gempa yang Lebih Mematikan yang Pernah Terjadi di Indonesia

Beberapa waktu lalu, masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat harus mengalami masa-masa yang kurang begitu menyenangkan karena daerahnya diguncang gempa berkekuatan 7.0 SR yang terjadi tidak hanya sekali saja, namun 2 kali dengan tambahan beberapa gempa-gempa kecil dalam kurun waktu yang berdekatan.

Dikarenakan hal itu, banyak orang yang meninggal, luka-luka sampai hilang karena terimbas oleh gempa yang terjadi. Walaupun tidak memicu timbulnya tsunami, namun banyak orang di Lombok yang terus waspada terjadinya gempa susulan.

Gempa Lombok ini merupakan ternyata bukanlah gempa terbesar yang pernah terjadi di Indonesia karena jauh sebelumnya ada beberapa gempa dengan skala besar yang juga terjadi di Tanah Air ini. Berikut daftarnya dari data 7meter jasabola.

  • 7.8 SR

Kota Ambon 7,8

Setidaknya dalam catatan sejarah ada 2 kali wilayah di Indonesia dihantam gempa dengan kekuatan 7.8 SR. Gempa pertama terjadi pada tanggal 20 September 1899 di Kota Ambon yang mana diklaim membuat 3,200 orang tewas. Gempa kedua adalah terjadi pada tanggal 14 Agustus 1698 di Sulawesi utara dengan jumlah korban sekitar 392-an.

  • 8.3 SR

Kepulauan Nias 8,3

Pernah terjadi gempa dengan skala 8.2 SR di Indonesia, tepatnya pada tanggal 16 Februari 1861. Titik gempa tersebut berada di dekat Pulau Batu, Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Walaupun tidak tercatat secara resmi berapa jumlah korban jiwa yang berjatuhan setelah gempa terjadi, namun getaran gempa ini dapat dirasakan oleh orang-orang di Jawa Timur.

Gempa dengan skala sama, 8.3 SR, juga pernah terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada tahun 2016 silam. Titik gempa yang berpotensi tsunami tersebut terjadi di sebelah barat daya dari Kepulauan Mentawai pada kedalaman 10 kilometer.



  • 8.5 SR

Kepulauan Banda 8,5

Pada tanggal 1 Februari 1938 silam, ada sebuah gempa dengan kekuatan hebat di sekitaran Laut Banda. Kekuatan gempa yang mencapai 8.5 SR tersebut menciptakan gelombang besar atau tsunami dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter yang langsung menerjang pesisir pantai Kepulauan Banda dan Pulau Kai. Tidak ada catatan resmi mengenai jumlah korban, baik tewas atau yang luka-luka, termasuk kerugian materiil yang diakibatkan gempa tersebut.

Setelah di wilayah Laut Banda, pernah terjadi pula sebuah gempa dengan kekuatan 8.5 – 8.6 SR di daerah lepas pantai Pulau Sumatera. Gempa yang terjadi pada tanggal 11 April 2012 tersebut kabarnya menyebabkan 5 orang tewas, 1 orang kritis dan 6 orang lainnya alami luka cukup serius.

  • 8.6 SR

Nias Utara 8,6

Pada tanggal 28 Maret 2005 pukul 23.09 WIB lalu, ada sebuah bencana alam gempa terjadi di Nias. Gempa tersebut berada di kedalaman 30 kilometer di bawah laut. Walaupun dirasa sangat dalam titik episentrum gempanya, namun dikarenakan kekuatannya mencapai 8.6 SR, maka kerusakan yang ditimbulkan juga cukup besar.

  • 8.8 SR

Pulau Sumatra 8,8

Dari tahun ke tahun sepertinya Sumatera selalu menjadi langganan hantaman gempa, terbukti ada satu gempa besar yang pernah terjadi pada tanggal 25 November 1833 dengan kekuatan 8,8 SR. Gempa besar tersebut terjadi setelah adanya pecahan palung sepanjang 1,000 kilometer dan memicu terjadinya tsunami. Dikarenakan hal itu, tidak hanya di Indonesia, khususnya di Sumatera saja yang merasakan getaran gempa dasyat tersebut, namun kabarnya getaran tersebut juga dirasakan oleh orang-orang di utara Australia, Teluk Benggala, Thailand sampai dengan Maladewa.

  • 8.9 SR

Kota Padang 8,9

Jauh sebelum Negara Republik Indonesia lahir, pada tahun 1797, ada gempa bumi yang terjadi di Sumatera dengan kekuatan antara 8.7 – 8.9 SR. Dikarenakan gempa besar ini, Kota Padang menjadi lumpuh dan rusak parah. Bahkan tidak sedikit dari kapal-kapal milik Inggris dengan bobot antara 150 – 200 ton terseret ke daratan sejauh 1 kilometer.

  • 9.3 SR

Pulau Sumatera 9,3

Mungkin gempa satu ini dapat dikatakan sebagai gempa terdasyat yang pernah terjadi di Indonesia atau menduduki peringkat 3 sebagai gempa terbesar di dunia. Gempa yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 lalu itu terjadi dengan titik sentrumnya di bagian bawah laut Sumatera sebelah barat. Gempa yang akhirnya memicu tsunami raksasa itu menewaskan sekitar 280 ribu jiwa.

Masukkan komentar anda.

To Top