Insight

7 Gereja Terbesar di Dunia dengan Arsitektur yang Memukau

gereja terbesar dunia

snargnet Gereja merupakan sebuah tempat beribadah bagi umat Kristen. Gereja dibangun dengan bangunan yang megah dan luas guna menampung seluruh umat yang datang untuk beribadah. Di dunia ini memang banyak bangunan yang dibangun megah dan besar hasil dari peninggalan masa lalu. Termasuk salah satunya adalah bangunan gereja peninggalan sejarah yang dibangun dengan arsitektur yang sangat megah dan juga bangunan yang besar dan luas. Peninggalan bangunan gereja masih terawat dan digunakan hingga hari ini. Bahkan bangunan tersebut menjadi keindahan arsitektur bangunan dan menjadi salah satu tujuan pariwisata para wisatawan.

Langsung saja kita bahas gereja mana saja yang masuk dalam bangunan gereja ketujuh terbesar.

Peter’s Basilica

gereja peters basilica

Yang terletak di Vatican City merupakan gereja terbesar di dunia nomor satu, dengan luas bangunan panjang 220 meter dan lebar 150 meter. Bangunan gereja terbesar ini terletak di Roma ibukota dari Italy. Gereja  St. Peter’s Basilica mampu menampung jemaatnya hingga enam puluh ribu orang dalam sekali acara. Membutuhkan 120 tahun untuk pengerjaannya hingga selesai sempurna di tahun 1626.

Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida

gereja our lady of aparecida

Berada di negara Brazil. Dengan mendapatkan julukan sebagai “the largest Marian Temple in the World” pada tahun 1984, Bangunan ini telah menduduki uratan ke 2 gereja terbesar di seluruh dunia. Dengan luas sepanjang 173 meter dan lebar 168 meter, bangunan ini mampu menampung sebanyak empat puluh lima ribu jemaah yang hadir dalam satu acara.

Cathedral of Seville

gereja cathedral of seville

Atau juga dikenal sebagai Catedral de Santa Maria de la Sede (Cathedral of Saint Mary of the See). Cathedral of Seville ini berada di negara Spanyol, masih dalam perdebatan beberapa menyatakan bahwa gereja ini adalah gereja katerdal terbesar di dunia. Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1402 dan selesai hingga pada abad ke 16 dengan berbagai kendala dalam pembuatannya pada masa kerajaan dijamannya. Luas bangunan gereja Cathedral of Seville seluas 11.520 sq m.

Cathedral of Saint John the Divine

gereja cathedral of saint john the divine

Gereja ini menjadi gereja terbesar ke empat di dunia. Walaupun gereja ini pernah hangus terbakar pada tahun 2001, namun pemerintah United State langsung memperbaikinya dan pengerjaannya masih dilakukan hingga sekarang dan mendapat julukan baru yaitu St Yohanes Unfinished. Bangunan gereja ini sangat luas dengan panjang 183,2 meter dan lebar 70,7 meter.

Liverpool Cathedral

gereja liverpool cathedral

Jika dilihat dari luar maka gereja ini tidak nampak seperti gereja pada umumnya. Gereja terbesar kelima ini terletak di United Kingdom. Gereja ini memiliki luas bangunan sebesar 9.600 meter persegi. The Cathedral Church of Christ di Liverpool, Inggris dibangun dengan bahan bangunan utama dari batu pasir. Lonceng katedral yang berada di menara merupakan yang terbesar dan tertinggi di dunia.

Church of the Most Holy Trinity.

gereja most holy trinity

The Church of the Most Holy Trinity adalah menduduki urutan ke enam menjadi gereja terbesar di dunia dan terletak di negara Portugal. Dengan luas bangunan sebesar panjang 95 m dan lebar 115 m dibangun dengan arsitektur moderen minimalis. Bangunan gereja ini dibangun hanya dalam kurun waktu 3 tahun dan ditahbiskan pada akhir tahun 2007 dan mampu menampung hingga 9.000 orang.

Milan Cathedral.

gereja katedral milan

Milan Cathedral atau juga sering§ disebut dengan sebutan Duomo di Milano dibangun pada abad ke 13 dan selesai pada tahun 1965. Arsitekturnya yang megah dan berkarakter gereja ini juga sering disebut menjadi gereja terbesar di dunia. Katedral ini memiliki panjang 157 meter dan lebar 92 meter. Bangunan paling populer di Eropa ini mampu menampung 40.000 jemaat untuk beribadah.

Masukkan komentar anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top