Insight

7 Hal yang Kerap Dirindukan dari Bulan Ramadhan

7 Hal yang Kerap Dirindukan dari Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan suci yang begitu ditunggu-tunggu oleh kaum muslim. Ramadhan yang hanya terdiri dari 29 hingga 30 hari kerap dijadikan sebagai momen perubahan untuk orang-orang agar bisa berubah menjadi lebih baik lagi, terutama karena memang bulan ini adalah bulan yang sarat dengan suasana ibadah dan kesabaran. Bagi umat muslim di Indonesia sendiri, ada beberapa kegiatan yang dilakukan di bulan ramadhan dan tidak biasa dilakukan di bulan-bulan biasanya.

Banyaknya keistimewaan bulan ramadhan menjadikannya sebagai bulan yang sangat dimuliakan baik oleh agama islam sendiri maupun oleh para umatnya. Keistimewaan ini membuat orang-orang merindukan ramadhan. Dari banyaknya hal, ada 7 hal umum yang membuat orang-orang begitu rindu dengan datangnya buln ramadhan, yaitu sebagai berikut:

  • Berkeliling Untuk Membangunkan Sahur

Berkeliling Untuk Membangunkan Sahur

Puasa sudah menjadi kegiatan sehari-hari di bulan ramadhan, dan puasa diawali dengan sahur sebelum shubuh hingga maghrib saat terbenamnya matahari. Salah satu yang sangat dirindukan adalah orang-orang berkeliling di pagi buta untuk membangunkan masyarakat agar segera bangun untuk mempersiapkan dan menyantap makanan sahur sebagai tenaga untuk berpuasa seharian.

  • SOTR

SOTR

SOTR merupakan singkatan dari Sahur On The Road. Biasanya ada beberapa anak muda maupun dewasa yang berkeliling di waktu sahur untuk membagikan makanan berat bagi orang-orang yang mereka temui untuk dijadikan sebagai santapan sahur. Keseruan dari hal ini adalah tantangan untuk bangun di pagi hari dan berkeliling untuk membagikan makanan ke orang lain sebagai salah satu wujud dari keindahan ibadah dalam bentuk berbagi kepada sesama.

  • Kebersamaan

Kebersamaan

Ramadhan merupakan momen yang sangat spesial untuk berkumpul bersama kawan lama pada saat buka bersama maupun berkumpul dengan rekan-rekan masjid yang jarang bertemu pada bulan-bulan lain. Kebersamaan ini kerap membuat orang-orang menjadikan ramadhan sebagai momen yang begitu dirindukan.

  • Takjil Masjid

Takjil Masjid

Biasanya masjid-masjid akan menyediakan menu berbuka puasa secara gratis untuk orang-orang, dan ini menjadi salah satu alasan mengapa ramadhan menjadi bulan yang begitu dirindukan. Terlebih, pembagian takjil atau makanan berbuka ini kerap ditemani oleh berbagai ceramah islam selama menunggu waktu untuk berbuka puasa.

  • Shalat Tarawih

Shalat Tarawih

Merupakan sholat sunnah rutin yang kerap dijalankan oleh umat muslim. Sholat ini dilakukan malam hari setelah shalat isya, dan masjid hampir selalu ramai untuk dikunjungi para jamaah yang menjalankan shalat tarawih disana. Terlebih, biasanya shalat tarawih ini juga dilengkapi dengan kultum rutin yang begitu bermanfaat untuk para pendengar atau jamaahnya.

  • Takbiran

Malam Takbiran

Malam sebelum idul fitri tiba, masyarakat biasanya merayakan momen ini dengan menyaksikan arakan para pemuda yang kerap disebut sebagai takbiran. Menjadi salah satu acara di penghujung ramadhan, momen ini membutuhkan persiapan yang begitu panjang dan menjadikan para pemudanya lebih kompak dari sebelum-sebelumnya.

  • Buka Bersama

Buka Bersama

Biasanya orang-orang akan sibuk menyusun jadwalnya untuk bersilaturahim dengan berbuka bersama kawan lama, dan ini kerap menjadikan ramadhan sebagai bulan yang sangat dirindukan.

Itulah 7 dari banyaknya hal yang membuat ramadhan selalu ditunggu oleh kaum muslim. Apalagi, hal lain yang tak kalah spesial di bulan ini terdapat banyak pahala berlimpah yang bisa didapatkan dengan begitu mudah, dan menjadikannya sebagai salah satu semangat para muslim untuk selalu beribadah dengan rutin dan taat kepada Allah SWT.

Masukkan komentar anda.

To Top