Nature

7 Hewan Laut Ini Punya Kemampuan Berenang Super Cepat

7 Hewan Laut Ini Punya Kemampuan Berenang Super Cepat

Di darat ada cheetah dan singa yang masuk kategori hewan tercepat di dunia. Lalu bagaimana dengan di laut? Selama ini Anda mungkin seringkali melihat penghuni laut berenang dengan santai. Tapi sebenarnya, banyak sekali hewan laut yang memiliki kemampuan berenang super cepat. Kalau dibandingkan dengan manusia sih, tentu tak ada apa-apanya. Yuk, simak hewan laut apa saja yang bisa berenang dengan sangat cepat seperti berikut ini:

Sailfish

Sailfish

Selama ini, hewan laut yang sering digambarkan bisa berenang sangat cepat adalah hiu. Tapi nyatanya, hiu bukanlah hewan laut tercepat. Yang tercepat di lautan adalah sailfish atau dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan ikan layar. Sailfish ini sendiri bisa berenang dalam waktu 109 km per jam dan ia bisa berenang dengan sama cepatnya baik di air hangat maupun air dingin. Sailfish bisa tumbuh menjadi sangat besar, mencapai 1,5 meter dalam 1 tahun.

Swordfish

Swordfish

Masih berada di famili yang sama dengan sailfish, swordfish merupakan hewan berikutnya yang masuk kategori tercepat di laut. Hewan satu ini bisa berenang dengan kecepatan 97 km per jam. Ia umumnya hidup di perairan hangat seperti di laut Atlantik, Pasifik, dan juga Samudra Hindia. Ia bisa hidup di permukaan air hingga di kedalaman air mencapai 550 m. ikan ini bisa tumbuh sampai 3 meter panjangnya dan mencapai berat 650 kg.

Marlin

Marlin

Hewan laut tercepat ke tiga adalah ikan marlin. Ikan ini bisa berenang hingga 80 km per jam dengan disertai lompatan. Ia biasanya hidup di periran Atlantik, dan bisa tumbuh hingga 5 meter dengan berat mencapai 818 kg.

Yellowfin tuna

Yellowfin tuna

Anda mungkin tak menyangka kalau salah satu jenis ikan tuna ini termasuk hewan yang bisa berenang dengan sangat cepat. Yellowfish tuna sendiri bisa menempuh jarak 80 km per jam. Ia biasanya hidup di area tropis dan subtropis dan bisa memiliki berat hingga 180 kg.

Pilot whale

Pilot whale

Meski namanya whale alias paus, namun hewan ini sebenarnya masuk ke dalam kategori lumba-lumba dan ia merupakan jenis terbesar ke dua. Pilot whale bisa berenang dengan kecepatan 76 km per jam dan menyelam hingga kedalaman 500 meter. Hewan ini sebenarnya tidak berbahaya karena ia menyantap cumi, gurita, ikan kecil, dan makhluk laut yang berukuran mini.

Mako shark

Mako shark

Nah, hiu baru muncul di urutan ke 6 nih. Jadi bisa dibayangkan bahwa hiu sebenarnya bukan hewan laut tercepat. Tapi ia memang karnivora laut tercepat, sehingga banyak muncul di film sebagai penyantap manusia. Mako hiu sendiri bisa berenang hingga 76 km per jam. Ikan hiu Mako dewasa akan mencapai ukuran hingga 4 meter dengan berat 135 kg. sementara yang betina bisa lebih berat lagi mencapai 150 kg.

Killer whale

Killer whale

Dikenal juga dengan nama Orca, paus ini sebenarnya bukanlah merupakan pembunuh manusia. Ia sendiri menyantap karnivora lain di laut seperti singa laut. Ukuran Orca sangat besar, bisa mencapai 8 meter dengan berat 7 ton. Ia juga bisa berenang cukup cepat, mencapai 55 km per jam. Orca sendiri merupakan hewan laut yang tidak memiliki predator dan bisa bertahan hidup sampai 80 tahun.

Masukkan komentar anda.

To Top