Nature

7 Jenis Ikan Air Tawar Terganas di Dunia

7 Jenis Ikan Air Tawar Terganas di Dunia

Ikan merupakan hewan yang masuk dalam kelompok vertebrata atau berdarah dingin yang hidup di dalam air dan menggunakan insang sebagai alat pernapasan. Ikan menjadi kelompok vertebrata yang memiliki beragam jenis spesies hingga melebihi 27.000 jenis di seluruh dunia.

Ikan di digolongkan kembali menurut lingkungan hidup mereka, seperti air laut dan di air tawar. Pada kesempatan kali ini, Kami akan memberikan informasi mengenai 7 jenis ikan air tawar paling ganas di Dunia. Berikut adalah ulasannya:

1.Piranha.

piranha

Ikan yang memiliki nama ilmiah, Pygocentrus nattereri berhasil mendapatkan reputasi sebagai ikan air tawar yang sangat berbahaya. Predator air tawar yang satu ini menrajai perairan sungai di Amerika selatan. Piranha sendiri selalu hidup secara berkelompok dan jika melahap mangsanya akan sangat agresif.

2.Belut Listrik.

Belut Listrik

Ikan tawar jenis yang satu ini, memiliki golongan yang lebih dekat dengan ikan lele daripada belut pada umumnya yang kita kenal. Electrophorus electricus memilih sungai Amazon dan lembah Orinoco untuk dihuni dan berburu mangsa, mereka memiliki sengatan listrik yang kuat untuk mempertahankan diri dari rantai makanan di sungai Amazon.

3.Ikan Payara.

Ikan Payara

Jika dilihat dari tampangnya, ikan yang satu ini tampak seperti ikan biasanya. Namun sapa yang tahu jika ikan ini membuka mulutnya, maka akan tampak dua gigi taring bawah yang berukuran panjang tersimpandi rahangnya. Ikan dengan nama ilmiah Hydrolycus scomberoides ini menghuni perairan air tawar di Amerika Selatan yang artinya memiliki habitat yang sama dengan piranha. Ya, ikan yang juga memiliki sebutan ikan vampir ini dikenal sebagai pemasang ikan piranha.

4.Alligator gar.

Alligator gar

Memiliki nama Atractosteus spatula menjadikan ikan aligator sebagai ikan pembunuh di air tawar yang terbesar di dunia. pada umumnya ikan ini memiliki panjang sekitar 2,5 meter dengan berat tubuh yang mencapai 100 kg. Alligator gar biasanya akan memangsa ikan kecil, serangga, mamlia air dan buaya berukuran kecil. Ikan yang memiliki sifat ageresif yang tinggi ini banyak di larang untuk perjual belikan karena dapat merusak ekosistem alami sungai-sungai yang berada di kota.

5.Ikan Macan.

Ikan Macan

Ikan yang satu ini, memiliki habitat untuk tinggal di sungai-sungai besar di Afrika. Ikan ini memiliki banyak gigi-gigi tajam dan besar. Ikan macan biasanya bertahan hidup dengan hidup berkelompok. Serta dapat memangsa hewan yang jauh lebih besar ukurannya dari mereka.

6.Ikan Candiru.

Ikan Candiru

Nah, alo ikan yang satu ini merupakan salah satu ikan ganas, namun memiliki bentuk yang sangat kecil dibandingkan dengan ikan ganas di air tawar. Ikan yang hanya memiliki panjang maksimal 15 cm ini, memiliki predikat sebagai ikan air tawar yang paling ditakuti di dunia. Ikan jenis ini bertahan hidup dengan memangsa insang dari ikan yang lebih besar di Amazon. Namun belakangan ini, banyak laporan yang menyebutkan bahwa ikan ini juga menyerang manusia di uretra. Candiru merupakan ikan parasit yang dapat masuk ke dalam tubuh mangsanya. Biasanya ikan ini menyerang manusia pada bagian anus, uretra, vagina atau saluran kencing, dan hanya dapat dikeluarkan dengan melakukan operasi.

7.Hiu Banteng.

Hiu Banteng

Jenis ikan hiu yang satu ini tergolong unik, dimana hiu pada umumnya hanya dapat di jumpai pada perairan laut bebas. Namun hiu banteng dapat dijunpai pada sungai yang berbatasan dengan laut bebas. Hiu banteng memiliki keunikan untuk bertahan pada perairan air tawar dan biasanya menyukai habitat pada kedalaman air yang dangkal dan hangat. Ikan, penyu dan hewan darat lainnya kerap menjadi mangsa bagi hiu yang satu ini, tidak menutup kemungkinan juga ada manusia yang mungkin di mangsa ikan yang satu ini.

Masukkan komentar anda.

To Top