Insight

7 Kebudayaan Indonesia yang Dikenal di Dunia

7 Kebudayaan Indonesia yang Dikenal di Dunia

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak budaya dan tentunya sudah di kenal oleh seluruh dunia. Budaya-Budaya tersebut juag sudah ada sejak lamanya suatu tempat itu berada. Berikut ini, budaya-budaya yang ada di Indonesia dan di kenal oleh seluruh dunia.

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Ikon untuk Indonesia, Borobudur adalah salah satu tujuan paling populer untuk wisatawan. Candi Budha ini terletak di Jawa Tengah dan berasal dari abad ke-8 dan 9, pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Mencakup 2500 meter persegi, konstruksi ini tidak ada tapi menakjubkan. Dibangun di atas tiga tingkatan, bagian-bagian ini dibangun untuk melambangkan tiga lingkup yang melambangkan dalam kosmologi Buddhis; Kamadhatu (alam keinginan), Rupadhatu (alam bentuk) dan Arupadhatu (alam tanpa bentuk). Javaindah Tours menawarkan tur matahari terbit, yang memungkinkan pengunjung untuk melihat monumen ini di pengaturan cahaya yang optimal.

  1. Situs Manusia Pertama Sangiran

Situs Manusia Pertama Sangiran

Dikenal sebagai salah satu situs tempat ditemukannya fosil manusia pertama, mungkin situs ini tidak semenarik situs situs kebudayaan lain, tetapi jika untuk menjadi tempat belajar, sangiran adalah yang paling cocok. Museum Sangiran baru dibuka pada tahun 2011, menampilkan fosil-fosil ini dan menawarkan pengunjung wawasan tentang pentingnya situs ini.

  1. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Sekali lagi terletak di Jawa Tengah, Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Dibangun pada abad ke-9, senyawa ini memiliki beberapa struktur menjulang yang didedikasikan untuk tiga dewa Hindu besar, Siwa, Wisnu dan Brahma. Menara-menara yang menakjubkan ini dihiasi dengan ukiran batu yang menggambarkan versi Indonesia dari epik Hindu Ramayana. Dengan pengalaman bertahun-tahun, Great Tours Jogja menawarkan wisatawan tur baik dari Candi Prambanan dan Candi Borobudur, menawarkan wawasan ke dalam sejarah Hindu dan Buddha Indonesia.

  1. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo

Unik bagi pulau-pulau di Taman Nasional Komodo, Komodo adalah kadal terbesar di dunia dan disebut sebagai ‘naga’ karena perilaku agresif mereka. Meskipun taman nasional itu sendiri indah, mencakup 29 pulau dan memiliki beragam flora dan fauna, Komodo adalah daya tarik utama bagi banyak orang. Pergi ke Komodo adalah agen perjalanan yang direkomendasikan untuk daerah tersebut, dan wisata mereka menawarkan wisatawan pengalaman menyelam scuba.

  1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak

Salah satu masjid tertua di Indonesia dan terletak di Jawa Tengah di Demark, Masjid Agung Demak mengungkapkan bab menarik lainnya dalam sejarah agama Indonesia. Masjid ini diketahui telah dibangun sejak abad ke 15. Krakatau Tours menyediakan wisatawan dengan tur kustom yang dapat mencakup masjid yang menakjubkan ini, dengan panduan mereka yang menawarkan wawasan ke dalam sejarah Islam di Indonesia.

  1. Situs Arkeologi Trowulan

Situs Arkeologi Trowulan

Terletak di Jawa Timur, Situs Arkeologi Trowulan telah ditempatkan pada daftar UNESCO tentatif sebagai ‘satu-satunya situs kota zaman klasik Hindu-Buddha di Indonesia yang masih dapat ditemukan’. Diduga pusat tua Kerajaan Majapahit, wisatawan dapat menemukan kuil bersejarah, kolam renang dan struktur di sini, seperti yang dilakukan banyak sejarawan saat mereka dengan penuh semangat menyusun jigsaw sejarah Indonesia. Lintang Buana Tours telah merancang paket tur untuk daerah yang sangat luas ini, menyoroti atraksi yang harus dilihat di Trowulan.

  1. Tana Toraja

Tana Toraja

Ketika mengunjungi daerah ini, wisatawan akan mengagumi tongkonan – rumah tradisional dengan atap berbentuk perahu. Konstruksi-konstruksi ini penting bagi budaya Tana Toraja, dengan berbagai tipe yang mewakili sistem hierarkis sosial mereka. Sulawesi Pengalaman mengatur tur daerah Tana Toraja yang akan mendidik wisatawan tentang sejarah Toraja dan bagaimana budaya mereka berubah setelah penjajahan Belanda.

Masukkan komentar anda.

To Top