Nature

7 Kemungkinan Terbesar Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

7 Kemungkinan Terbesar Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

Haid merupakan salah satu kegiatan fisiologis tubuh wanita yang terkadang dapat menentukan sehat atau tidaknya organ reproduksi mereka. Umumnya, dalam satu bulan seorang wanita mendapatkan hadi secara rutin selama satu hingga dua pekan, atau ada beberapa wanita yang lebih pendek maupun lebih panjang dari itu. Keteraturan inilah yang membuat para wanita menjadikannya sebagai tolak ukur dari kesehatan kewanitaannya.

Namun, ada pula beberapa wanita yang memiliki siklus tidak teratur dan langsung menganggap dirinya terkena penyakit atau gangguan dalam organ reproduksi. Hal ini tidak sepenuhnya benar dan tidak pula sepenuhnya salah. Meski begitu, keteraturan maupun ketidakteraturan siklus haid harus benar-benar diperhatikan dan dicari penyebabnya agar bisa tahu kapan sebuah siklus haid tidak teratur dikatakan tidak sehat dan kapan siklus tidak teratur hanya berupa dampak dari perubahan emosional saja. Untuk mengetahuinya, telah diringkas dalam 7 hal yang bisa menyebabkan siklus haid seorang wanita menjadi tidak teratur. Apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya.

7 hal yang bisa menyebabkan siklus haid seorang wanita menjadi tidak teratur adalah sebagai berikut:

  • Efek stress

Efek stress

Hormon berperan cukup banyak dalam melancarkan jalannya atau teraturnya siklus haid seorang wanita. Hormon ini tentu saja diatur dalam otak secara tidak sadar oleh manusia itu sendiri, sehingga terkadang ketika para wanita stress, secara tidak sadar hal ini juga bisa mempengaruhi otak dalam memproduksi hormon yang seharusnya diproduksi untuk melancarkan siklus haid. Untuk para wanita siklus haidnya tidak teratur dan memiliki pikiran berat, sebaiknya relaksasi pikiran agar jalannya siklus haid bisa menjadi teratur dan kembali sehat sebelum sebelum mengalami stress.

  • Alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi

Hal ini sudah menjadi hal yang cukup umum bahwa alat kontrasepsi dapat menjadikan siklus haid berbeda dari sebelumnya, khususnya untuk alat kontrasepsi yang hormonal. Kontrasepsi hormonal bisa berupa pil kontrasepsi, implan, dan juga suntikan baik suntik 3 bulan maupun suntik 1 bulan.

  • Berubahnya berat badan tubuh

Berubahnya berat badan tubuh

Ketika tubuh seorang wanita mengalami perubahan berat tubuh secara drastis karena suatu hal, ternyata seperti ini terkadang juga bisa mempengaruhi keteraturan siklus haid. Orang yang biasanya mengalami hal ini adalah mereka yang mempunyai gangguan dalam pola makan sehari-harinya.

  • Ketidakseimbangan Hormon Tubuh

Ketidakseimbangan Hormon Tubuh

Ada beberapa wanita yang mempunyai sistem produksi hormon berbeda dengan yang lainnya, entah merupakan bawaan sejak lahir maupun karena suatu hal tertentu. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab tidak teraturnya siklus haid yang dimiliki. Sebagian wanita mengalami hal ini karena kelelahan maupun pikiran yang terganggu atau stress.

  • Olahraga yang Cenderung Berlebihan

Olahraga yang Cenderung Berlebihan

Segala yang berlebihan sering dikatakan sebagai hal yang kurang baik, dan demikian pula untuk olahraga karena terkadang dapat mempengaruhi siklus haid wanita.

  • Adanya penyakit organ reproduksi

Adanya penyakit organ reproduksi

Hal ini dapat ditandai dengan berbagai gejala tertentu selain siklus haid yang tidak teratur, dan perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis.

  • Kurang Sehatnya Gaya Hidup yang dimiliki

Kurang Sehatnya Gaya Hidup yang dimiliki

Gaya hidup juga bisa menjadikan siklus haid wanita menjadi tidak teratur, terutama untuk gaya hidup kurang baik seperti terbiasa merokok.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab siklus haid wanita menjadi tidak teratur. Apabila Anda mengalami  siklus yang tidak teratur, pelajari dengan jeli apa yang kiranya menjadi penyebab agar dapat mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan tepat.

Masukkan komentar anda.

To Top