Insight

7 Kota dengan Desain Tata Kota Terbaik di Dunia

7 Kota dengan Desain Tata Kota Terbaik di Dunia

Tata kota merupakan salah satu cara agar sebuah kota memiliki bentuk sempurna dan dapat membuat penduduk lokal mendapatkan haknya sebagai warga sekaligus terbentuknya desain lingkungan yang bagus. Tentunya tidak mudah untuk dapat mewujudkannya karena dibutuhkan kolaborasi setiap unsur di dalamnya. Di bawah ini ada beberapa kota di berbagai negara yang memiliki tata kota terbaik di dunia dari agen bola terbesar.

  • Singapura, Singapura

Singapura, Singapura

Singapura telah mendesain kota besarnya ini sejak lama, yaitu sejak Inggris menjadikannya sebagai negara persemakmuran di tahun 1819 sampai dengan menjadi negara independen seperti sekarang. Uniknya, lahan di mana sekarang berdiri Kota Singapura itu adalah rawa-rawa gambut yang tidak dapat digunakan. Dengan menggunakan pemikiran yang sangat tepat dan juga yang memiliki visi jangka panjang, akhirnya terciptalah kota tersebut seperti yang ada sekarang. Singapura memiliki ruang hijau buatan yang sangat bagus dan sangat cocok untuk menjadi tempat berteduh dan bersantai di tengah kota. Arsitektur bangunannya pun tidak kalah memukau dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya.

  • Zurich, Swiss

Zurich, Swiss

Zurich dapat dikatakan sebagai kota transit terbaik di dunia. Oleh karena itu, banyak transportasi umum atau pribadi yang datang berkunjung ke tempat ini untuk transit sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat atau negara lain. Namun, dikarenakan tata kotanya yang sangat bagus, justru banyak turis yang awalnya hanya ingin transit akhirnya memutuskan untuk memanjakan diri di kota tersebut. Zurich diketahui memiliki peraturan untuk membatasi jumlah kendaraan bermotor di jalanan agar terciptanya suasana nyaman dan minim polusi udara juga suara. Tidak hanya itu saja, dengan membatasi jumlah kendaraan bermotor, maka tidak banyak lahan yang harus diubah menjadi lahan parkir serta mengurangi tingkat kecelakaan di layar kaca.

  • Copenhagen, Denmark

Copenhagen, Denmark

Copenhagen merupakan salah satu kota di Eropa yang paling ramah lingkungan. Betapa tidak, pemerintah kota ini merencanakan akan menetralkan karbon dioksida sampai tahun 2025 dengan menerapkan penggunaan tenaga angin, bahan bakar biomassa dan pemakaian sumber energi alternatif lainnya. Tidak hanya itu saja, Pemerintah Copenhagen juga sangat peduli dengan masalah sanitasi. Untuk itu, ada fasilitas pengolahan limbah kota agar dapat menghasilkan kualitas air yang lebih baik dan juga alat untuk mendaur ulang air hujan. Selain itu, tidak hanya mempercantik kota dengan bangunan-bangunan berarsitektur menawan, terdapat juga fasilitas umum berupa lahan hijau yang luas serta ruang publik untuk bersepeda sebagai ganti penggunaan kendaraan bermotor.

  • Seoul, Korea Selatan

Seoul, Korea Selatan

Seperti halnya Singapura, Pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan telah mendesain kotanya tersebut sejak tahun 1300-an. Walaupun sempat hancur karena Perang Dunia II dan juga perang saudara, namun secara bertahap pembangunan tata kota di Seoul dapat kembali dan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Bahkan sekarang ini Pemerintah Kota Seoul sedang mengupayakan merealisasikan project 2030 Seoul Plan yang akan menyeimbangkan antara area publik, sanitasi yang bagus, arsitektur setiap bangunan sampai dengan masalah jalan rayanya.

  • Chandigarh, India

Chandigarh, India

Berbeda dengan New Delhi sebagai salah satu kota besar di India, Chandigarh merupakan kota dengan tata kota terbaik di negara tersebut. Bahkan perencanaan tata kotanya sudah dimulai sejak era sebelum kolonial Inggris datang dengan menggabungkan antara sisi arsitektur dengan area publik secara seimbang. Sekarang ini, Chandigarh terkenal sebagai kota yang memiliki tingkat kebersihan tertinggi di India dan juga area hijau yang luas dan berada di mana-mana. Oleh karenanya, tidak heran Chandigarh dikatakan sebagai kota yang paling ideal untuk dijadikan tempat tinggal serta menjadi pilot project.

  • Amsterdam, Belanda

Amsterdam, Belanda

Walaupun luasnya tak lebih besar dari Pulau Jawa, namun Belanda termasuk negara Eropa yang sukses menerapkan tata kota dengan sangat baik. Salah satu bukti adalah terletak di Amsterdam. Kota satu ini mulai mempersolek diri sejak awal abad ke-19 dengan meningkatkan kualitas dari sanitasi agar kesehatan masyarakat terjamin, arsitektur yang bagus dan kuat agar tahan terhadap gempa dan banjir dan kini ditambahkan banyak area hijau serta mempersempit penggunaan transportasi pribadi karena Pemerintah Amsterdam sudah menerapkan penggunaan transportasi umum dan sepeda sebagai sarana transportasi utama.

  • Düsseldorf, Jerman

Düsseldorf, Jerman

Sejak dibombardir pada Perang Dunia II lalu, Düsseldorf akhirnya merekonstruksi diri menjadi kota yang cantik dengan tingkat ekonomi yang tinggi. Tidak hanya itu saja, Pemerintah Kota Düsseldorf juga telah mendesain kotanya sedemikian rupa agar masyarakat di dalamnya merasa nyaman untuk tinggal. Mulai dari perbaikan, pembenahan dan penambahan sisi transportasi umum, arsitektur terbaik, sanitasi dan area hijau pun menjadi prioritas utama Pemerintah Kota Düsseldorf.

Masukkan komentar anda.

To Top