Insight

7 Makanan Khas Timur Tengah yang Mendunia

7 Makanan Khas Timur Tengah yang Mendunia

Bagi semua orang yang suka mencicipi masakan ataupun suka kuliner yang luar negeri ataupun dalam negeri harus wajib mencoba masakan khas Timur Tengah yang mempunyai makanan yang mendunia juga. Oleh karena itu para kuliner yang ingin mencicip ini harus mengathui terlebih dahulu apa saja makanan khas Timur Tengah yang mendunia saat ini. Berikut ini 7 macam makanan khas Timur Tengah yang saat ini sedang mendunia menurut para jasabola.

  1. Kebab Khas Arab

Kebab Khas Arab

Kebab adalah berbagai hidangan daging matang, dengan asal-usulnya dalam masakan Timur Tengah. Banyak varian yang populer di seluruh Asia, dan di seluruh dunia.

Di sebagian besar negara berbahasa Inggris, kebab umumnya adalah shish kebab atau shashlik yang dikenal secara internasional, meskipun di luar Amerika Utara kebab mungkin merupakan doner doner makanan cepat saji atau variannya. Sebaliknya, dalam bahasa Inggris India dan dalam bahasa Timur Tengah, bagian lain di Asia, dan dunia Muslim, kebab adalah salah satu dari berbagai macam hidangan daging panggang. Beberapa hidangan yang berasal dari kebab Timur Tengah mungkin memiliki nama yang berbeda dalam bahasa lokal mereka, seperti chuanr China.

  1. Samosa Khas Arab

Samosa Khas Arab

Samosa samboksa adalah hidangan yang digoreng atau dipanggang dengan isian yang gurih, seperti kentang berbumbu, bawang, kacang polong, atau lentil. Ukuran dan konsistensinya dapat bervariasi, tetapi biasanya bentuknya segitiga atau tetrahedral. Samosa India biasanya vegetarian, dan sering disertai dengan chutney mint.

Samosas adalah hidangan populer, hidangan pembuka, atau makanan ringan dalam masakan lokal Semenanjung Arab, Asia Tenggara, Asia Barat Daya, Mediterania, subbenua India, Tanduk Afrika, Afrika Timur, Afrika Utara, dan Afrika Selatan. Karena difusi budaya dan emigrasi dari daerah-daerah ini, samosa di dunia saat ini juga disiapkan di wilayah lain.

  1. Makanan Khas Arab, Hummus

Hummus Khas Arab

Hummus adalah Leur levantine yang terbuat dari buncis matang atau tumbuk atau kacang lainnya, dicampur dengan tahini, minyak zaitun, jus lemon, garam dan bawang putih. Ini populer di Timur Tengah dan Mediterania, serta masakan Timur Tengah di seluruh dunia. Ini juga dapat ditemukan di sebagian besar toko kelontong di Amerika Utara dan Eropa.

  1. Katayef Khas Arab

Katayef Khas Arab

Qatayef atau Katayef adalah makanan penutup Arab yang biasa disajikan selama bulan Ramadhan, sejenis kue manis yang diisi dengan krim atau kacang. Qatayef berasal dari Fatimiyah. Beberapa percaya bahwa Qatayef adalah karya Dinasti Fatimiyah, Qatayef secara tradisional disiapkan oleh pedagang kaki lima serta rumah tangga di Levant dan Mesir. Biasanya disiapkan menggunakan keju Akkawi sebagai isian.

  1. Makanan Khas Arab, Falafel

Falafel khas Arab

Falafel atau felafel adalah bola goreng, donat, atau patty yang terbuat dari kacang tanah, kacang fava, atau keduanya. Falafel adalah makanan tradisional Timur Tengah yang kemungkinan besar berasal dari Mesir. Ini biasanya disajikan dalam pita, yang bertindak sebagai saku, atau dibungkus dalam sebuah roti yang dikenal sebagai tabun; “Falafel” juga sering mengacu pada sandwich yang dibungkus yang disiapkan dengan cara ini. Bola falafel diletakkan di atas tempat tidur salad, sayuran acar, saus pedas, dan dilumuri saus tahini. Falafel bola juga bisa dimakan sendiri sebagai camilan atau disajikan sebagai bagian dari meze (bermacam-macam makanan pembuka).

  1. Baklava Khas Arab

Baklava Khas Arab

Baklava adalah kue dessert yang kaya dan manis yang terbuat dari lapisan filo yang diisi dengan kacang cincang dan dimaniskan dan dipegang bersama dengan sirup atau madu . Ini adalah karakteristik dari masakan Levant, Kaukasus, Balkan, Maghreb, dan Asia Tengah dan Barat.

  1. Makanan Khas Arab, Manakeesh

Manakeesh khas Arab

Manakish, juga manaqish, manaeesh atau manakeesh atau dalam bentuk tunggal man’ousheh adalah makanan Levantine populer yang terdiri atas adonan atasnya dengan thyme, keju, atau daging giling. Mirip dengan pizza, dapat diiris atau dilipat, dan dapat disajikan baik untuk sarapan atau makan siang. Kata manaqish adalah bentuk jamak dari kata Arab manqūshah yang berarti bahwa setelah adonan digulung datar.

Masukkan komentar anda.

To Top