Nature

7 Makhluk Mitologi Yunani yang Patut Kamu Ketahui

7 Makhluk Mitologi Yunani yang Patut Kamu Ketahui

Apakah kamu termasuk salah satu penggemar mitologi Yunani kuno? Jika iya, maka mungkin artikel di bawah ini menarik untuk kamu baca karena mengulas masalah makhluk-makhluk mistis yang diimajinasikan sedemikian rupa, mulai dari yang paling aneh bentuknya, tingkat kekuatannya sampai dengan yang paling tersohor dan dihormati. Berikut ini adalah makhluk-makhluk legendaris yang kerap diceritakan dalam cerita mitologi Yunani kuno yang diberitakan jasabola.

  • Orthus

Orthus

Orthus adalah makhluk aneh yang memiliki 2 kepala yang mana menjadi penjaga kawanan ternak dalam jumlah besar. Dia adalah sepupu dari makhluk mitologi Yunani lainnya, yaitu Echidna dan Typhon serta saudara dari Cerberus yang memiliki kepala lebih dari 2. Menurut cerita lainnya, Orthus adalah ayah dari Sphinx dan Nemean Lion. Orthus memiliki tubuh besar dengan ekor ular yang mana akhirnya tewas terbunuh oleh Heracles dalam sebuah pertempuran.

  • Ichthyocentaurs

Ichthyocentaurs

Jika di daratan ada makhluk setengah kuda setengah manusia dengan nama centaur, maka di lautan ada pula yang memiliki tubuh separuh manusia dan separuh kuda laut bernama Ichthyocentaurs. Tidak banyak cerita atau informasi mengenai Ichthyocentaurs ini, namun pada saat kelahirannya, banyak yang menyangkutpautkan dengan Aphrodite. Ichthyocentaurs ini dalam astronomi diidentikkan dengan konstelasi Pisces.

  • Scylla

Scylla

Dalam mitologi Yunani kuno, Scylla adalah seekor monster yang tinggal di saluran air yang sempit. Ada banyak penggambaran yang berbeda-beda terkait dengan bentuk dari Scylla ini. Namun berdasarkan sebuah lukisan di keramik yang diperkirakan dibuat pada tahun 450 tersebut, Scylla memiliki bentuk tubuh bagian atas seperti manusia dengan ekor yang panjang dan bagian bawahnya tidak terdapat kaki, namun ada 2 kepala anjing yang menempel pada bagian perutnya.



  • Lamia

Lamia

Secara umum, Lamia dalam mitologi Yunani kuno disebutkan hanyalah seorang wanita biasa. Dia kemudian berubah menjadi monster pemakan anak setelah anaknya dibunuh oleh Hera. Sebelum berubah menjadi monster, Lamia adalah seorang ratu yang cukup cantik dari Libya yang mana menjalin hubungan dengan Zeus. Dikarenakan cemburu, maka Hera yang merupakan istri Zeus kemudian membunuh semua anak Lamia, kecuali Scylla.

  • Graeae

Graeae

Graeae adalah 3 saudara wanita yang mana berbagi satu mata, dan satu gigi di antara mereka. Dalam Bahasa Inggris, Graeae diartikan sebagai “orang tua, satu abu-abu dan satu lagi penyihir.” Ketiganya memiliki nama Deino atau Dino yang berarti kematian, Enyo berarti menyeramkan dan Prmpherdo yang artinya peringatan. Dalam cerita kuno Yunani, ketiganya adalah pembocor rahasia kelemahan Medusa kepada Perseus.

  • Erinyes

Erinyes

Erinyes atau Erinys ini adalah sekelompok dewi yang bertugas untuk memberikan hukuman dan pembalasan kepada orang yang berkata tidak jujur, bertindak melampaui batas atau mengatakan sesuatu yang buruk kepada dewa. Ketika ada seseorang yang melakukan salah satu dari hal tersebut, maka Erinyes akan langsung mengejar dan memberikan hukuman kepada orang yang bersangkutan.



  • Phyton

Phyton

Dalam Bahasa Indonesia, ada satu hewan melata yang masuk keluarga ular bernama piton. Namun siapa sangka bahwa nama tersebut juga digunakan sejak beratus-ratus tahun lalu di Yunani. Dalam mitologi Yunani kuno, ada seekor hewan yang memiliki tubuh mirip dengan naga, memiliki leher panjang, 2 cakar, 2 kaki, sepasang sayap dan juga ekor yang dinamakan phyto, python atau juga phython. Makhluk ini tinggal di dalam inti bumi yang kemudian menjadi musuh dari salah seorang dewa, yaitu Apollo. Setelah pertempuran panjang, akhirnya Apollo berhasil membunuh phyton.

Masukkan komentar anda.

To Top