Insight

7 Masjid Terbesar di Dunia Dengan Gaya Arsitektur Megah dan Berkarisma

masjid terbesar di dunia

snargnet Setiap Negara ataupun daerah memiliki maskot yang menjadikan ciri khas untuk wilayah atau daerah tersebut. Termasuk salah satunya adalah bangunan ibadah yang terdapat di beberapa negara. Bangunan ibadah karena sejarah, bentuk yang besar, arsitektur yang khas menjadi salah satu tujuan utama bagi para wisatawan. Tujuannya bukan saja untuk beribadah namun juga untuk mengagumi bangunan serta keindahannya. Yang terkenal dengan arsitektur yang indah dengan ukiran yang khas adalah bangunan beribadah umat islam yaitu Masjid. Masjid yang indah dengan kubah, ornamen dan juga bangunannya yang besar menjadi daya taris bagi Traveler.

Disini akan dibahas 7 Masjid terbesar di Dunia dengan gaya arsitektur yang megah dan berkatisma, memiliki ciri khas setiap daerahnya.

1. Masjid Al-Haram

masjid al haram

Masjid Al-Haram atau sering disebut masjid Agung ini menjadi masjid terbesar di dunia. Masjid ini mampu menampung empat juta jamaah yang beribadah di masjid ini. Apalagi jika sedang musim haji, masjid ini akan dipenuhi sampai ke ujung-ujung masjid. Masjid ini dibangun dengan total luas daerahnya sebesar 400.800 meter persegi. Tentunya Masjid ini adalah masjid utama bagi umat muslim, salah satu tujuan utama ketika sedang menaikan ibadah haji adalah ke masjidil Haram di Mekah.

2. Masjid Nabawi

masjid nabawi

Masjid Nabawi terletak di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini menempati urutan kedua yang mampu menampung jamaah maksimal satu juta jemaah. Walaupun kapasitas sebenarnya hanya untu enam ratus ribu jamaah, namun jika sedang musim haji masjid ini akan dipenuhi hingga satu juga jamaah. Masjid ini berdiri di kota madinah yang dipercaya tempat peristirahatan dari Nabi Muhammad. Maka dari itu masjid Nabawi sering juga disebut sebagai masjid nabi.

3. Masjid Muhammad Ali Pasha

masjid muhammad ali pashaMasjid ini terletak di Cairo, Mesir. Masjid yang dibangun diatas benteng Cairo Mesir maka masjid ini sangat terlihat jika anda memasuki kota Kairo. Tak heran jika masjid ini tidak hanya dikunjungi oleh jamaah untuk beribadah, namun masjid ini menjadi tujuan wisata para wisatawan. Masjid ini dibangun guna mengenang putra tertua dari Muhammad Ali yaitu Tusun Pasha.

4. Masjid Istiqlal

masjid istiqlal

Masjid Istiqlal Jakarta menduduki posisi ke empat masjid terbesar di dunia. Masjid ini juga menjadi masjid terbesar nomor satu di Asia Tenggara. Masjid ini dibangun dengan bahasa Arab Istiqlal yang artinya adalah kemerdekaan, jelas sekali seperti namanya masjid ini dibangun untuk mengingat bahwa bangsa Indonesia telah bebas dari penjajah dan sebagai bangsa yang merdeka.

5. Masjid Hasan II

masjid hasan 2

Masjid Hasan II ini memiliki menara yang tertinggi di dunia, yang ketinggiannya mencapai 210 meter. Dengan bangunan yang megah dan ornamen yang identik dengan daerahnya, Masjid ini mendapat penghargaan menjadi masjid terbesar ketiga setelah masjid haram di Mekah dan juga Masjid Nabawi di Madinah. Namun jika dihitung luas, bangunan masjid ini tidak levoh besar dari masjid nasional Istiqlal di Indonesia.

6. Masjid Faisal

masjid faisal

Masjid Faisal ini terletak di Islamabad, Pakistan. Masjid dengan arsitektur moderen dan dinamis. Warna yang didominasi warna putih dengan empat menara yang menjulang tinggi dan runcing menjadi ciri khas dari masjid ini. Arsitekturnya sungguh mencuri perhatian, Masjid ini pernah menjadi masjid terbesar di dunia selama tujuh tahun pada tahun 1986-1993. Masjid ini mampu menampung 300.000 jemaat yang datang untuk beribadah.

7. Masjid Badshahi

masjid badshahi

Masjid Badshahi yang terletak di Lahoredi, Pakistan ini mampu menampun jamaat sebanyak 100.000 orang. Masjid ini sebelumnya telah menjadi masjid terbesar di dunia selama kurang lebih 313 tahun pada tahun 1673-1986. Namun akhirnya banyak masjid yang dibangun dengan luas lebih besar dari masjid ini.

Itulah tujuh masjid terbesar di Dunia dengan luas bangunan terbesar yang mampu menampung banyak jamaah dan juga arsitektur yang menawan dengan bangunan megah namun tetap memiliki ciri khas di daerah masing-masing.

Masukkan komentar anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top