Insight

7 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik

7 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik

Pendidikan sangat penting untuk kelangsungan bangsa, dengan pendidikan maka generasi muda mampu untuk memimpin negara agar lebih maju. Jika pendidikan tidak ada maka kebodohan akan semakin merajalela sehingga mudah saja bagi negara-negara diluar sana menjajh kembali bangsa kita. Pendidikan wajib yang ada di Negara kita adalah wajib belajar selama 9 tahun, pemerintah mendukung dengan cara memberikan uang bos setiap siswa, uang bos tersebut diterima mulai dari SD hingga SMP. Cara lainnya untuk mendukung pendidikan Indonesia adalah pemerintah memberikan bebas biaya untuk siswa kurang mampu yang berprestasi.

Berikut ini adalah 7 negara dengan pendidikan terbaik yang patut ditiru, sistem disini membuat kita kagum:

  • Korea Selatan

Korea-Selatan

Pendidikan di Korea Selatan cukup ketat, namun pendidikan di Korea menjadi sistem pendidikan no 1 dan banyk dikagumi bangsa lain. untuk tingkat melek belajar mencapai 97,9%. Setiap saat mereka berlomba-lomba untuk datang keperpustakaan, bahkan ada banyak pelajar yng tertidur diperpustakaan akibat banyaknya waktu untuk belajar.

  • Finlandia

Finlandia

Beberapa waktu yang lalu pasti kita sering mendengar bahwa pendidkan terbaik nomer satu jatuh kepada Negara Finlandia, namun sekarang Finlandia bukanlah negara terbaik dalam pendidikan, hal ini disebabkan dihapusnya beberapa kebijakan seperti program kuliah gratis dan lainnya, namun Finlandia tetap sebagai Negara yang memiliki kualitas hidup yang bagus. Selain itu pendidikan yang ada di Finlandia masih dikelola pemerintah, dimana pada bidang pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam mengembangkan pendidikan di Finlandia, tidak ada tugas dirumah, tidak ada ujian nasional, guru kualitas yang bagus, serta kurikulum pendidikan yang menyesuaikan. Hanya saja kemunduran akibat dari beberap kebijakan yang diubah.

  • Jepang

Jepang

System pendidikan Jepang sebenarnya kurang lebih hampir sama dengan yang ada di Indonesia, hanya saja kualitas pengajar dan semangat belajar anak-anak Jepang lebih besar. Untuk ujian kelas tidak ada, namun sebelum masuk SMA biasanya ada ujian masuk. Selain itu pendidikan di Jepang dibarengi dengan kemajuan teknologi dan kelestrian budaya didalamnya. Ada banyak anak yang melakukan berbagai riset juga.

  • Singapura

Singapura

Negara lainnya yang memiliki system pendidikan terbaik adalah Negara Australia, negra yang berada cukup dekat dari Indonesia ini ternyara memiliki siste belajr yang mengagumkan. Benua terkecil ini menjadi salah satu tempat belajar yang banyak didatangi oleh warga Indonesia. Kualitas pendidikan di Autralia sukses karena memiliki sistem pendidikan yang lengkap dan terorganisir dengan bagus, ditambah dengan kualitas pengajar yang bagus.  selain itu Australia sangat fokus dalm bidang pendidikan.

  • Hongkong

Hongkong

Kualitas pendidikan di Hongkong juga  tidak perlu diragukan lagi, di dalam hal bidang pendidikan lebih menekankan ke pada bidang pendidikan yang kompetitif dengan kualiatas pengajar murid yang terbaik. Hongkong memilih pendidikan yang lebih melihat fakta dan realita. Selain itu didukung juga pemerintah yang memberikan anggaran besar untuk memajukan kualitas pendidikan yang lebih baik lagi.

  • Kanada

Kanada

Dan selain Hongkong, Negara lainnya yang memiliki keseriusan dalam pendidikan adalah Kanada. Dimana pendidikan yang ada merupakan pendidikan dengan system sekolah swasta dan privat. Selain itu pemerintah Kanada juga sangat memperhatikan pendidikan dengan baik, pemerintah mulai memperhatikan pendidikan mulai dari anak usia dini hingga perguruan tinggi

  • Swiss

Swiss

Untuk negara yang satu ini akan sangat aneh, namun cukup memiliki standar pendidikan yang tinggi dan berkelas dunia. Hal tersebut tampak dimana seluruh pelajaran sekolah di ajarkan dalam berbagai bahasa. Baik untuk bahasa Swiss sendiri, bahasa Jerman, Bahasa Prancis, bahkan dalam bahasa Italia.

Negara lainnya yang memiliki kualitas pendidikan yang cukup bagus adalah Inggris, Belanda, Irlandia dan Polandia. Untuk kedepannya semoga Indonesia juga mampu menjadi negara yang menggunakan sistem pendidikan yang bagus, sehingga kecerdasan bangsa lebih merata.

Masukkan komentar anda.

To Top