Sports

7 Negara Kontestan Piala Dunia yang Sekarang Tidak Lagi Ada

7 Negara Kontestan Piala Dunia yang Sekarang Tidak Lagi Ada

Dalam pesta sepakbola terbesar di dunia, Piala Dunia 2018 yang dihelat di Rusia bulan lalu itu, ada banyak negara yang menjadi kontestannya. Dan pada akhirnya, Prancis berhasil menjadi juara dunia dalam ajang tersebut, sekaligus mencatatkan sebagai negara yang sudah 2 kali menjadi kampiun Piala Dunia. Namun jauh sebelum digelarnya Piala Dunia 2018 tersebut, bertahun-tahun jauh sebelumnya ada beberapa kontestan yang pernah ikut serta dalam ajang serupa, namun sayangnya, sekarang ini negara yang bersangkutan justru sudah hilang atau bubar.

Nah, berikut ini adalah negara-negara yang pernah menjadi kontestan Piala Dunia dan sekarang telah menghilang yang diberitakan jasabola.

  • Czechoslovakia

Czechoslovakia

Czechoslovakia adalah sebuah negara yang pernah menjadi kontestan Piala Dunia sebanyak 8 kali. Negara ini yang menyatakan merdeka dari Kekaisaran Austro-Hungaria pada bulan Oktober 1918 tersebut pernah melaju ke final sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 1938 dan 1962. Sayangnya sekarang ini negara tersebut tidak lagi ada karena per tanggal 1 Januari 1993, Czechoslovakia melebur menjadi satu dengan Slovakia dan sekarang namanya menjadi Republik Ceko atau Czecho-Slovakia.

  • Dutch East Indies

Dutch East Indies

Seperti yang diketahui, Dutch East Indies adalah sebutan lain untuk Indonesia-Belanda pada masa penjajahan. Dutch East Indies pernah menjadi salah satu kontestan di ajang Piala Dunai 1938 silam dan juga menjadi negara Asia ertama yang berhasil melaju ke pesta sepakbola terbesar se dunia tersebut. Sempat menjadi negara yang diperhitungkan karena dalam babak qualifikasi tampil sangat memukau dengan jumlah gol yang sangat banyak, namun akhirnya Dutch East Indies harus takluk di babak pertama Piala Dunia 1938 ketika melawan Hungaria dengan skor telak 6 – 0. Negara tersebut kini telah hilang dan berganti menjadi Indonesia.



  • Soviet Union atau Uni Soviet

Soviet Union atau Uni Soviet

Soviet Union atau lebih dikenal dengan nama Uni Soviet ini adalah salah satu negara di Eropa Timur yang sangat kuat. Bahkan ada 7 kali Soviet Union menjadi kontestan Piala Dunia, yaitu pada tahun 1958, 1962, 1966, 1970, 1982, 1986 dan 1990. Penampilan terbaik dari Uni Sovyet di pentas Piala Dunia adalah menjadi semi finalis pada tahun 1966. Dan akhirnya Uni Sovyet bubar karena terjadinya kudeta kekuasaan dan beberapa negara pecahannya kembali bersatu dengan nama baru, Rusia.

  • Yugoslavia

Yugoslavia

Seperti halnya Uni Sovyet, Yugoslavia juga merupakan salah satu negara di Eropa Timur yang pernah menjadi kontestan Piala Dunia. Tercatat ada 8 kali Yugoslavia menjadi kontestan Piala Dunia, yaitu pada tahun 1930, 1950, 1954, 1958, 1962, 1974, 1982 dan 1990. Pada tahun 1930 dan 1962, Yugoslavia pernah melaju sampai ke babak semifinal, namun akhirnya kandas. Sekarang ini Yugoslavia sudah hilang dan berganti nama menjadi Serbia.

  • Zaire

Zaire

Walaupun berada di daratan Benua Afrika, namun bukan berarti negara yang bernama Zaire tidak pernah ikut serta dalam perhelatan Piala Dunia. Tercatat ada satu kali Zaire menjadi kontestan, yaitu pada tahun 1974. Sayangnya, dikarenakan banyaknya tim-tim dari negara lain yang lebih hebat, akhirnya pencapaian terbaik Zaire di ajang Piala Dunia adalah menjadi juru kunci di fase grup pada Piala Dunia 1974. Sekarang ini Zaire telah berubah nama menjadi Republik Demokratik Congo.

  • Jerman Barat

Jerman Barat

Tercatat ada 12 kali negara yang bernama Jerman Barat ini mengikuti gelaran Piala Dunia. Hanya sekali saja, Jerman Barat tidak mengikuti gelaran Piala Dunia, yaitu pada tahun 1930 karena masalah keamanan. Jerman Barat juga mencatatkan prestasi yang cukup gemilang dalam ajang Piala Dunia karena sukses menjadi juara pada tahun 1954, 1974 dan 1990. Negara satu ini akhirnya dihapus dari daftar negara dunia karena telah bersatu kembali dengan Jerman Timur menjadi satu Jerman.



  • Jerman Timur

Jerman Timur

Biarpun tidak secemerlang Jerman Barat, namun Jerman Timur juga pernah menjadi kontestan di ajang Piala Dunia, yaitu pada tahun 1974. Sayangnya, penampilannya yang pertama dan terakhir kali di ajang Piala Dunia tersebut kurang begitu bagus karena hanya mampu maju sampai ke ronde kedua saja.  Seperti halnya Jerman Barat, negara satu ini akhirnya juga menghilang karena memutuskan untuk bersatu pada tahun 1990 lalu.

Masukkan komentar anda.

To Top