Insight

7 Negara Terbesar Di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya

negara paling luas dunia

snargnet Bumi kita diisi oleh banyak sekali Negara, ada 196 negara yang ada bumi dengan luas daratan 361.132 km persegi. Masing-masing Negara memiliki luas yang berbeda-beda. Ada Negara yang tidak memiliki laut dan banyak juga Negara yang memiliki laut. Selain Negara, bumi kita juga terdiri dari 5 benua, yaitu Amerika, Afrika, Australia, Asia, dan Eropa.

Banyak orang yang masih penasaran Negara mana yang memiliki wilayah yang paling luas dan besar dibumi. Berikut ini adalah 7 negara terbesar didunia yang harus anda tahu :

  • Negara Rusia

Rusia merupakan Negara terluas nomer 1 yang ada di dunia, Negara ini memiliki luas sebesar 17, 125 juta km persegi. Memiliki jumlah penduduk yang cukup besar, jumlah penduduk yang ada di Rusia mencapai rangking 9 didunia. Wilayah Rusia membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa Timur.Untuk wilayah yang ada pada daratan Rusia bermacam-macam, bahkan Rusia memiliki satu wilayah sebagai kota terdingin didunia. Zona waktu yang ada di Rusia berjumlah 11 zona waktu

  • Kanada

Untuk Negara terluas nomor dua  adalah Kanada, memiliki luas hingga 9, 970 juta km persegi. Dengan luas tersebut maka Kanada dinobatkan sebagai Negara paling luas yang berada di Amerika Utara. Negara Kanada ini termasuk Negara yang sudah maju.

  • Amerikan Serikat

Merupakan Negara yang terdiri dari lima puluh Negara federal dan satu distril federal. Negara ini merupakan Negara yang menggunakan republic konstitusional federal. Untuk ibukota Negara ini terletak di Washington, D.C.  Negara ini memiliki luas sebesar 9,83 juta km persegi dengan jumlah penduduk hingga 315 juta jiwa. Dengan luas segitu, Amerika Serikat berada diposisi ketiga.

  • RRC

RRC atau Negara China merupakan Negara yang memiliki luas 9, 69 juta km persegi, Negara ini terletak di Asia Timur dengan beribukota Beijing. Memiliki jiwa 1, 35 milyar dengan luas daerah atau wilayah diatas. RRC sudah ada sejak tahun 1949 dan menggunakan paham partai komunis Tiongkok. Cina berada diurutan ke empat.

  • Brazil

Merupakan Negara yang terletak di Amerika Latin, Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 8.151.965 km persegi. Negara Brazil ini dikenal dengan prestasi sepak bola, selain itu Brazil juga sebagai tuan rumah yang berhasil dalam menyelenggarakan Piala Dunia ke 2014. Negara ini memiliki wilayah hutan terluas didunia, yaitu hutan Amazon, serta sungai terpanjang yaitu sungai Amazon. Maka Brazil negara kelima terluas di dunia saat ini.

  • Australia

Australia seringnya kita tahu sebagai benua yang memiliki luas terkecil, namun Australia juga termasuk Negara yang masuk kedalam 7 negara besar yang ada di dunia. Untuk luas Negara Australia sebesar 7. 686, 840 km persegi. Dengan jumlah luas tersebut, menempatkan Australia di posisi ke enam negara terluas di dunia.

  • India

Negara ini juga menjadi salah satu Negara yang memiliki luas yang sangat besar, India memiliki luas wilayah hingga 3, 287 juta km persegi. Negara ini berada di Asia bagian selatan, Negara ini juga menjadi Negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar, mendapatkan ranking kedua Negara dengan penduduk terbanyak.

Demikian Negara-negara terluas didunia, selain tujuh Negara tersebut, ada beberapa juga yang memiliki wilayah yang tidak kalah luas juga, antara lain Argentina dengan luas 2.780.400 km, juga ada Negara Lazakhstan dengan luas ukuran 2. 724. 900 km persegi. Ada juga Negara Sudan dengan luas 2.505. 813 813 km persegi, Kongo, Algeria, juga ada Algeria dengan ;ua 2.381.741 km persegi. , Saudi Arabia, dan Negara Indonesia yang dikenal sebagai Negara agraris dengan luas 1. 904. 569 km persegi.

Masukkan komentar anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top