Entertainment

7 Negara Terkaya Berdasarkan Peringkat GDP Perkapita Sebuah Negara

negara terkaya dunia

snargnet Setiap negara mampu menghasilkan penghasilan yang besar dalam waktu tertentu. Negara mana sajakah yang terkaya di dunia, yang mampu membangun negaranya menjadi negara yang maju dengan hasil pendapatan tertinggi. Keberhasilan satu negara ditentukan berdasarkan peringkat GDP Percapita atau Pendapatan Nasional Bruto Perkapita yang dihasilkan suatu negara setiap tahunnya. Mungkin lebih dari 200 negara di dunia ini, ada yang berhasil mengelola negaranya dengan pendapatan bruto perkapitanya tinggi namun ada juga yang tidak berhasil atau bahkan menjadi negara yang miskin dan memiliki hutang.

Indonesia mungkin belum masuk dalam urutan ketujuh dari negara terkaya di dunia, namun saat ini Indonesia sedang bebenah diri dan bangkit dari ketertinggalannya. Langsung saja kita bahas negara mana saja yang terkaya dan berhasil menduduki ketujuh peringkat negara terkaya di dunia.

negara terkaya di dunia

1. Qatar

Qatar merupakan salah satu negara yang berada di Timur Tengah. Letaknya di semenanjung kecil di Jazirah Arab. Negara yang berdekatan dengan Arab Saudi ini menjadi negara terkaya saat ini. Awalnya negara ini memiliki penghasilan dari perikanan dan juga mutiara, namun harga mutiara mulai jatuh dan tak dapat menjadi penghasilan utama lagi. Hingga akhirnya mereka menemuka sumber minyak bumi yang melimpah yang menjadikan negara tersebut menjadi penghasil minyak dan gas bumi. Dari hasil minyak dan gas bumilah Qatar mendapatkan penghasilan yang sangat besar.

2. Luxemburg

Luxemburg sempat menduduki urutan pertama menjadi negara terkaya di dunia, namun saat ini posisinya sudah tak lagi diurutan pertama. Negara ini menghasilkan perindustrian baja, karet dan lainnya. Bukan itu saja, Negara yang dikelilingi oleh 3 negara lainnya yaitu Perancis, Jerman dan Luxembourg ini juga memiliki nilai budaya yang sangat tinggi. Angka pengangguran di negara ini sangat rendah.

3. Singapore

Bukan saja di Asia, namun Singapore berhasil menjadi negara terkaya urutan ketiga diseluruh dunia. Walaupun negara Singapore tidak memiliki daerah yang luas dibandingkan dari negara lainnya, namun negara ini berhasil mengelola negaranya hingga saat ini negara ini menjadi negara transit terbanyak di dunia. Pendapatan negaranya mulai dari sektor pariwisata, sektor pengobatan, industri kimia, pelayanan jasa dan masih banyak lainnya.

4. Brunei Darussalam

Negara di Asia lainnya yang berhasil menduduki urutan ke empat ini yaitu Brunei Darussalam. Negara ini adalah negara pengekspor minyak mentah dan juga gas bumi. Menjadikan pendapatan utama dari negara ini dan menjadikannya negara maju dan berkembang. Selain itu negara ini telah berhasil mengekspor Liquid atau gas alam cair terbesar keseluruh dunia. Pemerintahan yang kuat mendukung perusahaan dalam dan luar negeri berkembang dengan pesat.

5. Kuwait

Negara Kuwait adalah negara muslim paling kaya di dunia. Sama seperti Brunei Darussalam, Kuwait juga sebagai negara pengekspor minyak mentah ke seluruh dunia. Negara muslim ini juga memiliki pendapatan dari perusahaan dalam negeri yang berkembang cukup baik.

6. Irlandia

Irlandia merupakan sebuah negara kecil di Eropa. Irlandia berkembang dengan sangat baik dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat namun akhirnya negara ini sempat mengalami krisis ekonomi. Namun saat ini Irlandia telah berhasil lepas dari krisis ekonomi dan kembali stabil.

7. Norwegia

Norwegia adalah salah satu negara yang berada di Eropa. Cadangan minyak bumi, gas alam, mineral dan kekayaan laut menjadi sumber pendapatan dari negara ini. Negara dengan jumlah penduduk yang sedikit ini telah berhasil mendapatkan mengelola pendapatan negara dan mensejahterakan kehidupan penduduknya. Tentunya angka pengangguran sangat rendah di negara ini.

Masukkan komentar anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top