Insight

7 Negara Terkuat Di Dunia dari Aspek Kekuatan Tempur

7 Negara Terkuat Di Dunia dari Aspek Kekuatan Tempur

Memiliki negara dengan kekuatan tempur yang hebat memang perlu diperhatikan karena hal tersebut menyangkut pertahanan suatu negara atas serangan pihak luar. Indonesia yang juga dikenal dengan kekuatan militernya juga sudah mempersiapkan diri untuk menjaga keamanan nasional. Namun apakah Indonesia termasuk dalam 7 negara terkuat di dunia?

Berikut ini adalah 7 negara terkuat di dunia dari segi kekuatan tempur yang dimilikinya. Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Amerika

Tentara Amerika Serikat

Tak perlu dipertanyakan lagi, di peringkat pertama sudah pasti adalah negara adidaya, Amerika. Dikatakan dalam berbagai media, negara Amerika memiliki kekuatan militer yang cukup kuat. Dengan dua setengah juta personil, kekuatan tempur amerika juga diperkuat dengan 13.444 buah pesawat tempur, 8.848 buah tank, 19 buah kapal induk, dan 75 kapal selam. Tentu saja dengan kekuatan sebesar itu, Amerika menjadi salah satu negara yang cukup percaya diri ketika berdiri di hadapan negara lain.

  • Russia

Tentara Rusia

Tak jauh berbeda dari Amerika, Rusia juga memiliki kekuatan tempur yang cukup besar. Seperti dari segi personil, Rusia memiliki 3,25 juta orang yang siap menggerakkan kekuatan tempur. Mereka juga telah siap dengan 15.398 buah tank dan 3.547 pesawat tempur untuk jalur darat dan udara. Dari wilayah laut sudah ada 1 kapal induk serta 60 buah kapal selam yang siap menerjang musuh.

  • Tiongkok

Tentara Tiongkok

Di posisi ketiga rupanya tiongkok yang memegang kekuatan terbesar angkatan bersenjata. Dengan jumlah personel 4,6 juta orang, mereka juga menggerakkan 9.150 buah tank serta hampir tiga ribu pesawat tempur. Dari wiayah air, mereka juga telah mempersiapkan sebuah kapal induk dan 68 kapal selam.

  • India

Tentara India

Siapa yang menyangka, India menempati posisi ke empat sebagai negara terkuat. Dengan membawa tiga setengah juta personel, India sudah siap menghadang musuh yang menyerang. Ditambah lagi mereka juga memiliki dua ribuan pesawat tempur yang siap beroperasi, dan tak lupa juga dengan hampir 6,5 ribu buah tank untuk memperkuat sisi daratnya. 2 kapal induk juga siap memperkuat pasukan perang India dilengkapi dengan 14 buah kapal selam.

  • Perancis

Tentara Perancis

Di posisi ke lima, ada Perancis sebagai negara terkuat dalam kekuatan tempurnya. Meskipun hanya dengan 400 ribuan personel saja, rupanya perancis mamu mennunjukkan bahwa mereka pantas menjadi negara dengan kekuatan tempur nomor 5 di atas negara-negara lainnya. Karena mereka juga memiliki lebih dari 400an buah tank dan hampir 1.300 buah pesawat tempur. 4 buah kapal induk juga siap memperkuat Perancis dilengkapi dengan 10 kapal selamnya.

  • Inggris

Tentara Inggris

UK merupakan negara keenam sebagai negara terkuat dari segi tempurnya. Personel tentara dari Inggris juga kurang lebih sebanding dengan negara Perancis sebagai yang menempati posisi kelima. Dari segi aspek tempur yang lain seperti tank, pesawat tempur, kapal induk, dan kapal selam juga dapat dikatakan masih kurang lebih sama dengan negara Perancis.

  • Jepang

Tentara Jepang

Di posisi ke 7 tentu saja dipegang oleh Jepang sebagai negara terkuat dibidang kekuatan tempurnya. Jepang digadang-gadang memiliki 300 ribuan personel tentara dan 678 buah buah tank. 1.590 buah pesawat tempur dan 3 kapal induk juga siap memperkuat negara Jepang.

Demikian ulasan mengenai 7 negara dengan kekuatan tempur terbesar di dunia. Rupanya Indonesia tidak ada di antara jajaran negara tersebut, namun patut diacungi jempol karena Indonesia saat ini tengah berada di posisi ke 14 sebagai negara terkuat di bawah Turki, Jerman, Itali, dan lain sebagainya.

Masukkan komentar anda.

To Top