Insight

7 Orang Kualitas Rendah yang Terpilih Menjadi Seorang Paus

7 Orang Kualitas Rendah yang Terpilih Menjadi Seorang Paus

Paus adalah sebuah gelar keuskupan tertinggi Roma yang memimpin umat Katolik di seluruh dunia. Ide mengenai Paus ini didasarkan pada tradisi penerus Santo Petrus yang dipercaya sebagai pembawa amanat dan kunci dari Yesus sebelum dia disalib. Berstatus sebagai orang tersuci dan tertinggi dalam ajaran agama, ternyata ada beberapa Paus yang masuk kategori terburuk. Berikut 7 Paus terburuk yang pernah menjabat sejauh ini.

  • Paus Urban II

Paus Urban II

Tidak dapat disangkal bahwa Otho de Lagery yang akhirnya sukses terpilih sebagai Paus Urbanus II pada tahun 1088 adalah seorang diplomat berbakat dan pemimpin yang sukses dan bertanggung jawab untuk mendirikan Kuria Romawi modern dan mendukung reformasi para rohaniwan. Hanya saja, yang menjadikan semua kehebatan dan keagungannya tercoreng adalah ketika dia memiliki peran dan kontribusi terciptanya Perang Salib melawan pasukan Muslim untuk kali pertama bila disaksikan di film indoxxi. Selain itu, atas perintahnya pula, pasukan salib membantau banyak orang Yahudi, Muslim bahkan juga anggota gereja timur yang skismatik dan membuat Yerusalem banjir darah.

  • Paus Julius II

Paus Julius II

Sebagai seorang ahli hukum Romawi yang terkenal, Giovanni Maria Ciocchi del Monte akhirnya terpilih sebagai Paus pada tahun 1550. Meskipun di awal karirnya, dia menunjukkan bahwa sangat mampu untuk meraih kesuksesan, namun pada kenyataannya justru banyak hal di bawah kepausannya sangat tidak efektif atau bahkan jauh dari kata istimewa. Selain itu, daripada banyak mengurusi masalah politik, Julius justru lebih sering mengurung diri dalam istananya dan melakukan aktivitas pribadi yang menyenangkan dirinya saja. Termasuk kabarnya ada perbuatan seksual menyimpang dengan seorang remaja pria yang sempat diadopsinya sedari kecil.

  • Paus Stephen VI

Paus Stephen VI

Tidak banyak informasi mengenai kehidupan pribadi dan latar belakang dari Paus Stephen VI ini meskipun dia adalah seorang Romawi dan juga putra seorang imam bernama Yohanes. Salah satu alasan kenapa namanya sangat menonjol dalam sejarah gereja adalah karena keterlibatannya dalam apa yang mungkin merupakan pengadilan gerejawi yang paling aneh sepanjang masa – Sinode Kadaver Januari 897. Dalam Sinode Kadaver tersebut, Stefanus memerintahkan untuk menghadirkan kerangka dari Formosus yang telah memegang kepausan dari tahun 891 sampai 896. Setelah peradilan Sinode Kavader tersebut digelar, Stefanus memerintahkan untuk mencabut gelar Paus kepada Formosus walaupun dia sudah dalam bentuk kerangka.

  • Paus Boniface

Paus Boniface

Lahir dari keluarga bangsawan kecil di Anagni, Italia, Benedetto Caetani menjadi mahasiswa hukum yang sukses dan kemudian menjadi anggota Kuria Romawi. Setelah itu dia akhirnya memenangkan posisi imam kardinal di tahun 1291. Benedetto terpilih sebagai Paus Bonifasius VIII pada tanggal 24 Desember 1294 setelah Paus Celestine V mengundurkan diri. Salah satu keputusan pertamanya sebagai seorang Paus adalah menghukum Paus Celestine dan memasukkannya ke penjara di Castle of Fumone di mana orang tua tersebut diperlakukan sangat buruk dan akhirnya meninggal sepuluh bulan kemudian. Tidak hanya membuat keputusan kontroversial itu saja, perseteruannya dengan keluarga Colonna juga membuat sekitar 6.000 orang Palestina kehilangan nyawa karena peperangan yang seharusnya dapat dihindari.

  • Paus Benediktus IX

Paus Benediktus IX

Benediktus IX adalah seseorang yang memegang jabatan pada tiga kesempatan terpisah serta menjadi satu-satunya Paus yang pernah menjual kepausan (kepada ayah baptisnya sendiri). Benediktus menjadi Paus pada usia yang sangat muda karena kecakapan politis ayahnya yang telah berhasil mendapatkan kepausan di masa depan untuk putranya. Dengan sedikit pelatihan atau persiapan aktual yang memenuhi syarat untuk bertindak sebagai Paus, Benediktus menjalani kehidupan yang sangat tidak bermoral dan dituduh melakukan berbagai perkosaan, perzinahan dan pembunuhan. Menurut St. Peter Damian, Benediktus adalah “iblis dari neraka dalam penyamaran seorang imam.”

  • Paus John XII

Paus John XII

Lahir di Roma, Octavianus muda praktis memiliki kepausan yang diserahkan kepadanya di atas piring perak karena ayahnya adalah seorang ningrat Roma yang membuat para bangsawan Romawi mengucapkan sumpah bahwa posisi Paus selanjutnya akan didapatkan oleh Oktavianus. Dan pada saat dia baru berusia 18 tahun Octavianus terpilih sebagai Paus baru dengan nama Paus Yohanes XII (John XII). Sayangnya, di saat menjadi Paus, Octavianus dituduh melakukan banyak perzinahan (bahkan dengan keponakannya sendiri), mengubah Vatikan menjadi rumah bordil, membutakan pembukanya, mengebiri dan banyak lagi lainnya seperti jasabola lainnya.

Masukkan komentar anda.

To Top