Sports

7 Pelari Tercepat Ini Tempuh Jarak 100 Meter Dengan 10 Detik

7 Pelari Tercepat Ini Tempuh Jarak 100 Meter Dengan 10 Detik

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar kata pelari tercepat? Mungkin Anda membayangkan mereka bisa menempuh beberapa puluh meter hanya dalam waktu beberapa menit. Well, bersiaplah untuk kaget! Sebab rekor dunia mencatatkan bahwa para pelari tercepat yang pernah ada, bisa menempuh jarak 100 meter dalam waktu kurang dari 10 detik! Ya, 10 detik dan bukan 10 menit. Dalam waktu yang sangat singkat tersebut, mereka berhasil melalui jarak yang bisa dibilang cukup jauh.

Penasaran siapa saja pelari tercepat dunia dengan standarisasi jarak tempuh 100 meter? Ini dia:

  • Usain Bolt

Usain Bolt

Anda tak salah menduga! Hingga saat ini Usain Bolt memang masih menjadi pelari tercepat dunia. Ia pun berhasil menjadi yang tercepat di berbagai ajang kejuaraan yang ada. Dan untuk menempuh jarak 100 meter, Bolt hanya membutuhkan waktu 9,58 menit saja! Rekor ini ia dapatkan dalam Kejuaraan Dunia 2009 yang di dakan di Berlin. Ia menjadi pelari pertama yang berhasil menjadi pemenang di kategori 100 meter dan 200 meter sejak tahun 1977.

  • Tyson Gay

Tyson Gay

Pelari tercepat berikutnya adalah Tyson Gay. Atlet berkebangsaan Amerika ini berhasil memecahkan rekor sebagai pelari 100 meter tercepat ke dua melalui Shanghai Golden Grand Prix di tahun 2009 lalu. Ia menempuh jarak 100 meter hanya dalam waktu 9,69 detik, terpaut 12 detik saja dari rekor yang pernah dicapai Bolt.

  • Yohan Blake

Yohan Blake

Pelari asal Jamaika ini dikenal dengan julukan The Beast, karena kebuasannya saat berlari di lintasan. Sama seperti Tyson Gay, ia juga memiliki catatan waktu tempuh 9,69 detik untuk jarak 100 meter. Ia mencatatkan rekor ini pada saat mengikuti thletissima Diamond League pada tahun 2012 lalu di Lausanne, Switzerland.

  • Asafa Powell

Asafa Powell

Setelah Tyson Gay dan Yohan Blake berada di posisi ke dua, ada Asafa Powell yang menempati posisi ke tiga sebagai pelari tercepat dunia. Ia menempuh jarak 100 meter dalam waktu 9.72 detikdalam ajang yang sama dengan Yohan Blake, namun di tahun yang berbeda yakni 2008.

  • Nesta Carter

Nesta Carter

Satu lagi pelari asal Jamaika yang berhasil mencatatkan namanya sebagai sprinter tercepat dunia. Ia adalah Nesta Carter yang berhasil menempuh jarak 100 meter dalam waktu 9.78 detik dalam ajang lari yang diadakan di Rieti, Italia pada tahun 2010 lalu. Ia juga menjadi pemegang rekor dalam Olimpiade Beijing tahun 2008 dan Kejuaraan Dunia tahun 2011 untuk kategori relay 4×100 meter.

  • Maurice Greene

Maurice Greene

Maurice Greene menjadi 4 kali juara Olimpiade dan 5 kali memenangkan Kejuaraa Dunia. Meski kini ia telah pensiun, namun rekornya di dunia lari tidak bisa terlupakan. Ia berhasil menempuh jarak 100 meter hanya dalam waktu 9,79 detik di Athena, Yunani pada tahun 1999 silam.

  • Justin Gatlin

Justin Gatlin

Pelari asal Amerika yang pernah meraih medali emas dalam olimpiade, Justin Gatlin, menempati posisi berikutnya sebagai pelari tercepat dunia. Ia berhasil menyelesaika jarak 100 meter hanya dalam waktu 9,79 detik saja.

Masukkan komentar anda.

To Top