Insight

7 Peristiwa Terburuk, Terkeji dan Terkelam dalam Sejarah

7 Peristiwa Terburuk, Terkeji dan Terkelam dalam Sejarah

Dalam sejarah peradaban manusia, ada berbagai peristiwa yang terjadi baik yang menyenangkan ataupun yang menyakitkan. Khususnya yang masuk kategori menyakitkan, ada beberapa peristiwa yang terjadi oleh perbuatan manusia sendiri dan merenggut banyak nyawa karenanya. Berikut ini adalah 7 perisitiwa terburuk dalam sejarah peradaban manusia dilansir dari jasabola.

  • Perang Dunia I

Perang Dunia I

Perang Dunia I adalah sebuah perang global yang melibatkan banyak negara di Eropa. Peperangan ini terjadi dari tanggal 28 Juli 1914 dan berakhir pada tanggal 11 November 1918. Lebih dari 70 juta personel militer dikerahkan dan juga 60 juta masyarakat Eropa dijadikan tentara untuk ikut berperang dalam Perang Dunia I itu. Diperkirakan sekitar 9 juta tentara dan 7 juta masyarakat sipil yang tewas sebagai korban peperangan tersebut. Perang Dunia I menjadi tonggak keruntuhan Kekaisaran Jerman, Rusia, Ottoman Turki dan Austro-Hungarian.

  • Perang Salib

Perang Salib

Perang Salib merupakan rentetan dari berbagai peperangan yang mengatasnamakan agama sebagai poin utama pertikaiannya. Peperangan antara pasukan Eropa yang rata-rata masih mematuhi perintah dari Gereja dan Vatikan tersebut melawan pasukan Muslim. Sampai sekarang pun masih menjadi perdebatan siapa yang harus disalahkan atas terjadinya Perang Salib yang memakan waktu bertahun-tahun tersebut. Uniknya, jika selama ini dikatakan bahwa Perang Salib terjadi karena ada perbedaan ideologi dan pemikiran antar-agama, justru menurut banyak sejarawan peperangan tersebut tidak lain dan tidak bukan karena masalah perebutan kekuasaan dan uang. Agama hanyalah digunakan sebagai tameng luar saja.

  • Bom Atom

Bom Atom

Ketika Perang Dunia II sedang berkecamuk, Nazi Jerman menduduki banyak negara di daratan Eropa, sedangkan Jepang menjadi penguasa di banyak negara Asia. Jepang juga berkonfrontasi langsung dengan pasukan Sekutu serta Amerika Serikat dengan kemenangan mereka yang gemilang adalah pengeboman Pearl Harbour. Banyak tentara Amerika Serikat dan sekutu tewas karena serangan di pagi hari itu. Tidak ingin dipermalukan begitu saja, pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, Amerika Serikat melakukan serangan balasan dengan mengirimkan pesawat pengebom yang menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Tercatat lebih dari 129 ribu orang tewas atas serangan mematikan tersebut. Dikarenakan serangan itu, Jepang langsung mengibarkan bendera putih tanda menyerah.

  • 9/11

9/11

Dikenal dengan sebutan Serangan 11 September atau disingkat 9/11, sebuah serangan yang menurut Pemerintah Amerika Serikat dilakukan oleh kelompok teroris Al-Qaeda terjadi di Amerika Serikat. Dalam serangan yang terjadi pada tanggal 11 September 2001 pagi tersebut membidik 2 menara kembar atau The Twin Tower  yang bernama Word Trade Center menggunakan pesawat udara. Tercatat ada 2,996 orang tewas dan lebih dari 6,000 orang terluka serta kerugian mencapai lebih dari USD 10 miliar atau serangan itu. Namun setelah beberapa bulan terjadi, muncul banyak investigasi yang dilakukan oleh beberapa organisasi non-laba yang membuktikan bahwa ada konspirasi dari serangan tersebut dan mengerucut pada Pemerintah Amerika Serikat lah yang menjadi dalangnya dan menuduh Al-Qaeda sebagai pelakunya.

  • Perang Dunia II

Perang Dunia II

Dibandingkan dengan Perang Dunia I, Perang Dunia II melibatkan lebih banyak ‘kontestan.’ Perang Dunia II ini terjadi selama 6 tahun dan satu hari atau dari tanggal 1 September 1939 sampai dengan 2 September 1945 dengan cakupan daerah peperangan yang meliputi Eropa, Asia-Pasifik, Asia Tenggara, Cina, Timur Tengah, Mediteran, Afrika Utara, Afrika Tengah, Australia dan Amerika Selatan.

Dalam peperangan ini, pihak Eropa dan sekitarnya dipimpin oleh Josep Stalin dari uni Soviet, Franklin D Roosevelt dari Amerika Serikat, Winston Churchill dari Inggris dan Chiang Kai-shek dari Cina, sedangkand ari kubu lawan berdiri 3 pemimpin dunia, yaitu Adolf Hitler dari Nazi Jerman, Hirohito dari Jepang dan Benito Mussolini dari Italia. Total ada 61 juta tentara tewas dari kalangan Sekutu dan lebih dari 12 juta tentara yang tewas dari kalangan Nazi, Jepang dan Italia.

  • Nanking

Nanking

Pada saat Perang Dunia II, Jepang benar-benar ingin menjadi penguasa di kawasan Asia. Bahkan negara tersebut juga melakukan invasi di banyak negara, termasuk Cina yang memiliki luas lebih besar berkali-kali lipat dari negaranya sendiri. Salah satu yang paling diingat dalam sejarah Cina adalah pembantaian dan pemerkosaan Nanking atau dikenal dengan istilah Rape of Nanking. Dalam peristiwa tersebut, ada jutaan orang dibunuh oleh tentara Jepang dan ratusan wanita menjadi korban pemerkosaan. Tidak peduli apakah sudah dewasa ataukah balita, semua menjadi korban pemerkosaan dan kemudian dibunuh secara keji.

  • Camp Konsentrasi Nazi Jerman

Camp Konsentrasi Nazi Jerman

Selama Nazi berdiri tegak dan menjadi ancaman banyak negara di Eropa dan dunia, ada satu project yang dilakukan oleh militer di bawah kepemimpinan Adolf Hitler tersebut, yaitu Camp Konsentrasi atau dalam Bahasa Jerman dikenal dengan istilah Konzentrationslager. Tercatat ada 24 cap Konsentrasi yang didirikan oleh tentara Nazi untuk digunakan sebagai tempat penampungan orang-orang Yahudi, Rumania, Serbia, Polandia, kriminal, orang disabilitas dan juga yang tidak sepaham dengan mereka.

Tidak ada catatan resmi berapa jumlah total orang yang dimasukkan ke dalam setiap camp, namun ada catatan lain bahwa per bulan Januari 1945 streaming movie, jumlah semua tawanan mencapai 715 ribu orang. Semua tawanan tersebut banyak yang dijadikan obyek eksperimen dan juga dibiarkan mati mengenaskan tanpa makanan, minuman, obat ataupun baju hangat di tengah musim dingin ekstrem Eropa.

Masukkan komentar anda.

To Top