Insight

7 Permainan Tradisional Indonesia yang Dikenal oleh Dunia

7 Permainan Tradisional Indonesia yang Dikenal oleh Dunia

Menjelaskan tentang permainan, di Indonesia terdapat banyak permainan tradisional yang digemari semua kalangan masyarakat. Berikut ini 7 jenis permainan tradisional Indonesia yang bisa kaalian mainkan dan di kenal oleh dunia saat ini.

  1. Balap Karung

Balap Karung

Balap Karung adalah salah satu permainan tradisional Indonesia yang paling populer. Game ini tidak hanya dimainkan oleh anak-anak tetapi juga oleh orang dewasa juga. Permainan ini biasanya dimainkan ketika merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang terjadi setiap 17 Agustus. Permainan tradisional ini juga dianggap sebagai salah satu permainan tradisional tertua di Indonesia. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa permainan tradisional ini telah dimainkan sejak zaman kolonial di Indonesia. Dalam game ini, para pemain akan berlomba dari awal hingga garis finish dengan mengenakan karung di kaki mereka.

  1. Bola Bekel

Bola Bekel

Bola Bekel adalah permainan tradisional Indonesia yang cukup mirip dengan permainan Jacks. Permainan tradisional ini biasanya dimainkan oleh perempuan. Namun, beberapa anak laki-laki mungkin juga suka memainkan game ini. Beberapa orang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari Jawa Barat sementara orang lain mengatakan bahwa itu berasal dari Jawa Timur sebagai gantinya.

  1. Egrang

Egrang

Egrang adalah permainan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Sama seperti Balap Karung, Egrang juga biasa dimainkan saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Game ini akan menguji saldo Anda. Sejarah game ini cukup tidak jelas. Egrang adalah permainan tradisional Indonesia yang dimainkan dengan menggunakan dua batang bambu. Tiap batang bambu tingginya 4 hingga 5 meter. Sekitar 50 cm dari bawah batang bambu, ada langkah di mana pemain dapat meletakkan kaki mereka.

  1. Gobak Sodor

Gobak Sodor

Gobak Sodor adalah salah satu dari banyak permainan tradisional dari Indonesia yang populer. Sejumlah wilayang di Indonesia menyebutnya dengan Galah Asin. Dalam game ini para pemain harus menyusun strategi untuk menghindar lawan. Game ini dimainkan oleh dua tim. Setiap tim terdiri dari 4 hingga 5 pemain.

  1. Gasing

Gasing

Game ini dikenal sebagai spinning top di negara lain. Pada awal dibuat game ini menggunakan telur. Tetapi akhirnya dikembangkan menggunakan bamboo dan kayu sehingga lebih kuat. Game ini dimainkan dengan cara memutar Gasing dengan melemparkan gasing tersebut. Pemain gasing yang gasingnya paling lama berputarlah yang memenangkan pertandingan..

  1. Kelereng

Kelereng

Marmer dianggap sebagai salah satu jenis permainan paling umum yang dimainkan oleh anak-anak di seluruh dunia. Namun, marmer Indonesia mungkin memiliki aturan yang sedikit berbeda. Di Indonesia, marmer disebut Kelereng. Di beberapa wilayah, game ini juga disebut Gundu. Anda membutuhkan dua pemain atau lebih untuk memainkan game ini. Ada berbagai jenis permainan dengan berbagai aturan berbeda yang dapat Anda mainkan menggunakan Kelereng.

  1. Layang Layang

Layang Layang

Sama seperti kelereng tadi, layang-layang merupakan permainan yang sudah umum dimainkan oleh orang orang dari berbagai negara. Di Indonesia, permainan ini dikenal dengan nama Layangan. Bentuk Layangan dapat bervariasi dari yang sederhana hingga yang lebih rumit. Game ini juga dimainkan di kompetisi juga. Tujuan permainan ini adalah untuk menerbangkan layang-layang Anda setinggi mungkin. Terkadang Anda perlu melawan layang-layang orang lain di game ini.

Masukkan komentar anda.

To Top