Insight

7 Pesawat Tercepat Buatan Manusia dengan Kecepatan Supersonik

7 Pesawat Tercepat Buatan Manusia dengan Kecepatan Supersonik

Tidak hanya di daratan atau di lautan, ambisi manusia untuk mencapai titik kecepatan tertinggu juga dibuktikan dengan banyaknya kendaraan terbang, baik berupa pesawat terbang umum atau khusus sampai dengan yang masuk kategori jet militer atau yang berfungsi untuk misi antariksa. Dari semua kendaraan bersayap dan dapat terbang tersebut, ada 7 di antaranya yang masuk kategori tercepat sepanjang masa. Berikut daftarnya dari agen sbobet terpercaya.

  • Mikoyan MiG-25 Foxbat – 2,170 mph (3,470 km/j)

Mikoyan MiG-25 Foxbat

Mikoyan MiG-25 Foxbat atau dikenal juga dengan nama lain Mikoyan Gurevich-25 Foxhound adalah jet tempur buatan Rusia yang menggunakan mesin buatan Soviet untuk mengintersep pesawat-pesawat tempur buatan Amerika Serikat saat terjadinya Perang Dingin, seperti salah satunya adalah SR-71. Dikarenakan harus menyaingi SR-71, maka perlu dibat pesawat yang mampu menjelajah dan melaju dengan kecepatan supersonik. Mikoyan MiG-25 Foxbat ini adalah pesawat paling atas di jajaran MiG lainnya untuk masalah kecepatan.

  • Lockheed YF-12 – 2,275 mph (3,661 km/j)

Lockheed YF-12

Lockhead YF-12 adalah pesawat yang memiliki desain sampai dengan kemampuan hampir menyamai apa yang dimiliki SR-71. Pesawat yang memiliki fasilitas Air-to-Air missile ini diciptakan oleh seorang desainer ternama bernama Clarence ‘Kelly’ Johnson yang mana sampai sekarang hanya tersisa 3 unit saja dari 12 unit yang pernah diproduksi sebelumnya.

  • SR-71 Blackbird – 2,500 mph (4,023 km/j)

SR-71 Blackbird

SR-71 Blackbird merupakan salah satu pesawat jet tempur Amerika Serikat yang paling dibanggakan. Pasalnya, pesawat yang diproduksi pertama kali pada tahun 1966 itu sebenarnya akan digunakan untuk misi luar angkasa NASA, namun kemudian penggunaannya dibagi menjadi 2 yaitu untuk USAF dan NASA sendiri. Selain memiliki kecepatan yang ekstrem, SR-71 ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi paling mutakhir dan terhebat untuk zaman itu.

  • Boeing X-51 Scramjet – 3,900 mph (6.276 km/j)

Boeing X-51 Scramjet

Boeing X-51 Scramjet merupakan pesawat yang dilengkapi dengan teknologi paling mutakhir, yaitu Wave Rider yang mana merupakan ‘anak kesayangan’ DARPA, USAF dan beberapa badan penerbangan Amerika Serikat lainnya. Hampir sama seperti North American X-15, X-51 ini memiliki tubuh lebih kecil dan mampu melesatkan missile dari jarak jauh secara cepat. Pesawat ini dalam satu kali pengisian bahan bakar, mampu melesat dan mencapai jarak sejauh 460 mil.

  • North American X-15 – 4,520 mph (7,274 km/j)

North American X-15

Sempat menjadi pesawat jet temput andalan Amerika Serikat di tahun 60-an, akhirnya North American X-15 harus turun peringkat ke posisi ke-3 dunia sebagai pesawat udara tercepat di dunia. Pesawat ini pernah diujicobakan untuk mencapai kecepatan maksimal dengan hasil 7,200 km/jam pada tanggal 3 Oktober 1967 yang mana dikendalikan oleh seorang pilot bernama William J Knight.

  • X-43 – 6,598 mph (10,618 km/j)

X-43

Seperti halnya Boeing X-51 Scramjet, X-43 adalah pesawat yang diciptakan untuk tujuan atau misi angkasa luar. Pernah diujicobakan melaju dengan kecepatan maksimal tanpa awak, X-43 mampu menerobos benteng Mach 9.6. Walaupun dikatakan sebagai pesawat tercepat di dunia sampai saat ini, namun satu hal yang menjadi cukup unik adalah teknologi serta mesin-mesin yang dipakainya merupakan buatan tahun 1950. Menurut kabar, pihak Amerika Serikat sedang mengembangkan mesin dari X-43 ini untuk membuat pesawat lain yang terbaru dan tentu saja tercepat sepanjang sejarah peradaban manusia.

  • Falcon HTV-2 – 12,608 mph (20,290 km/j)

Falcon HTV-2

Falcon HTV-2 atau Falcon Hyoersonic Technology Vehicle-2 ini merupakan project rahasia DARPA Force Application and Launch from CONtinental United States yang kali pertama diperkenalkan pada tahun 2003 dan kemudian dilanjutkan programnya sampai dengan tahun 2006. Falcon HTV-2 ini merupakan lanjutan dari Falcon HTV-1 yang mana misinya kemudian secara mengejutkan dihentikan hanya berselang 9 menit setelah dirilis. Sekarang ini, belum ada pesawat yang diciptakan untuk dapat menyamai kecepatan dari Falcon HTC-2 ini.

Masukkan komentar anda.

To Top