Entertainment

7 Program Komedi Situasi Televisi Indonesia Terlucu

7 Program Komedi Situasi Televisi Indonesia Terlucu

Mungkin jika dibuatkan suatu angket atau kuisioner yang dibagikan kepada banyak penonton acara televisi di Tanah Air, diperkirakan akan banyak yang mengatakan bahwa mereka bosan dan jengah terhadap acara sinetron sampai dengan program komedi yang dipaksakan untuk lucu.

Namun dari semua program televisi yang pernah ada dan ditayangkan, setidaknya ada beberapa acara yang dikemas secara rapi dan cukup bagus, contohnya saja beberapa sitkom bertemakan komedi berikut.

Gara-gara

Dapat dikatakan sitkom berjudul Gara-gara yang ditayangkan pertama kali di RCTI pada tahun 1992 adalah sitkom pertama di Indonesia. Komedi situasi satu ini menceritakan mengenai satu keluarga yang antara suami dan istrinya selalu berselisih paham karena perbedaan pendapat. Masalah kerap menjadi semakin keruh ketika tetangga ikut serta terlibat.

Sitkom Gara-gara ini dibintangi oleh Lydia Kandou, Jimmy Gideon, Sion Gideon, Habil Gideon, Angel Ibrahim, Robert Syarif, Tarida Gloria, Petrajaya Burnama sampai dengan Nany Wijaya. Acara ini akhirnya berhenti ditayangkan pada tahun 1998.

Lika-liku Laki-laki

Lika-liku Laki-laki

Setelah Gara-gara, muncul satu sitkom yang dikemas seperti sebuah film sinetron berjudul Lika-liku Laki-laki. Komedi situasi satu ini diperankan oleh kelompok lawak Empat Sekawan, Eman, Derry, Qomar dan Ginanjar. Selain itu, ada beberapa pemeran di Gara-gara yang juga diajak ikut serta di dalamnya.

Kesuksesan sitkom satu ini karena berhasil menggunakan konsep lawakan Warkop DKI yang diusung ke ranah televisi. Dalam film tersebut, diceritakan bahwa ada beberapa pria yang selalu menyelesaikan masalah sehari-hari mereka dengan cara yang kocak dan mengundang tawa.

OB (Office Boy)

OB (Office Boy)

Ditayangkan kali pertama oleh RCTI pada tahn 2006 dan kemudian disiarkan kembali oleh Global TV, sitkom berjudul Office Boy atau lebih dikenal dengan nama OB ini juga cukup banyak meraih perhatian dan digemari oleh pemirsa televisi di Tanah Air.

Sitkom yang dibintangi oleh Tika Panggabean, Daus Separo, Bayo Oktara sampai dengan Maia Estianty tersebut menceritakan tentang kehidupan dan kisah-kisah lucu di kantor, termasuk dengan intrik dan setiap keluguan yang muncul sehari-hari.

Suami-suami Takut Istri

Suami-suami Takut Istri

Pada tahun 2007 lalu, Trans TV memiliki satu acara sitkom yang ditayangkan setiap hari kecuali Sabtu dan Minggu bernama Suami-suami Takut Istri. Sitkom yang digarap oleh rumah produksi Multivision Plus ini dibintangi oleh beberapa orang yang namanya kurang begitu terkenal, namun akhirnya mereka sukses mendongkrak popularitasnya sendiri-sendiri melalui film ini.

Cerita yang diusung dalam komedi situasi ini adalah terkait dengan suasana keseharian di sebuah wilayah yang mana banyak suami-suami yang terlihat cukup tegas dan terkesan garang, namun ternyata tidak berkutik ketika harus berhadapan dengan istrinya.

Bajaj Bajuri

Bajaj Bajuri

Mengusung tema seperti Si Doel Anak Sekolahan yang kental dengan kondisi sehari-hari warga kelas bawah di Betawi dan Jakarta, sitkom berjudul Bajaj Bajuri ini sangat sukses dan popularitasnya meledak sejak kali pertama ditayangkan di Trans TV pada awal tahun 2002. Dikarenakan kesuksesaannya itu, ANTV dan SCTV menayangkan ulang acara ini di tahun yang berbeda.

Dibintangi oleh Mat Solar, Rieke Dia Pitaloka, nany Wijaya, Fanny Fadillah, Jovanka Mardova dan sejumlah pemeran lainnya, kisah dalam Bajaj Bajuri sangat representatif untuk menceritakan kehidupan keseharian warga Jakarta yang berada di daerah sempit dengan segala masalah yang muncul dan berbenturan dengan banyak karakter di dalamnya.

OK Jek

OK Jek

OK Jek adalah sitkom yang hanya ditayangkan di stasiun televisi nasional swasta Indonesia, Net. dan mengusung cerita keseharian para driver ojek online. Banyak bintang-bintang muda yang sudah terkenal ataupun yang baru muncul diajak ikut serta untuk memerankan setiap karakter dalam film satu ini, seperti Ibnu Jamil, Ben Joshua, Chka Waode, Niken Anjani sampai dengan Atiqah Hasiholan.

Banyak kejadian-kejadian unik, menarik dan juga terkadang lucu diceritakan dalam 2 seri OK Jek tersebut, mulai dari pemalakan, perseteruan dengan ojok pangkalan sampai dengan masalah pribadi setiap driver diceritakan dalam setiap scene secara menarik.

The East

The East

Selain OK Jek, Net. Juga memiliki satu lagi komedi situasi lainnya, yaitu The East. Berbeda dengna OK Jek, The East ini lebih menitikberatkan cerita pada kehidupan sehari-hari dan juga kesibukan para karyawan Net. di dalam kantor.

Para pemeran dalam The East ini memang ada yang berasal dari karyawan Net. sendiri, namun ada pula yang benar-benar seorang aktor atau aktris. Sekarang ini, The East adalah satu-satunya sitkom yang dimiliki Net. setelah OK Jek dan Tetangga Kok Gitu? dihentikan penayangannya.

Masukkan komentar anda.

To Top