Sports

7 Rekrutan Terburuk dalam Sejarah Sepakbola Eropa

7 Rekrutan Terburuk dalam Sejarah Sepakbola Eropa

Seperti halnya cabang olahraga lain, sepakbola juga tak luput dari agenda serta drama transfer yang mana selalu meninggalkan cerita dan catatan sejarah. Berikut ini adalah 7 transfer terburuk sepanjang sejarah sepakbola Eropa.

Bebe

Bebe

Bernama lengkap Tiago Manuel Dias Correia, Bebe adalah seorang pesepakbola asal portugal yang pernah memperkuat Manchester United dari tahun 2010 sampai 2014. Kehadiran Bebe di kubu Setan Merah tak lain karena saran dari Sir Alex Ferguson yang waktu itu masih menjadi pelatih di Manchester United dan akhirnya berhasil memboyong pemain Vitória de Guimarães itu dengan mahar GBP 7,4 juta. Uniknya, Ferguson justru belum pernah sekalipun melihat permainan Bebe. Tentu saja kalah kelas antara Vitória de Guimarães dengan Manchester United, permainan Bebe terlihat sangat monoton dan buruk. Di  Manchester United, tercatat hanya ada sekali saja di pasang selama 90 menit dan selebihnya, 4 kali sebagai pemain pengganti.

Andy Carroll

Andy Carroll

Andrew Thomas Carroll atau lebih dikenal dengan nama Andy Carroll adalah pemain sepakbola profesional yang mana tampil cemerlang ketika masih bersama Newcastle United. Dikarenakan hal itu, pada tahun 2011 dia direkrut Liverpool  dengan mahar sebesar GBP 35 juta yang mana bersamaan datangnya dengan Luis Suarez dari Ajax Amsterdam. Sayangnya, justru sama-sama sebagai pemain baru, Suarez lebih moncer dibandingkan Carroll. Di 44 penampilannya bersama Liverpool, Carroll hanya mencetak 6 gol saja. Oleh karena itu, dia dipinjamkan ke West Ham United pada tahun 2012 dan kemudian dipatenkan pada tahun 2013.

Keirrison

Keirrison

Membawa prestasi bagus kala berada di Palmeiras dengan catatan bagus 11 gol dari 19 penampilannya, Keirrison de Souza Carneiro akhirnya berhasil menarik hati Barcelona untuk memboyongnya ke Catalan pada tanggal 23 Juli 2009 dengan mahar transfer sebesar EURO 14 juta. Sayangnya, justru berada di Barcelona dan berada di bawah asuhan Josep Guardiola waktu itu, Keirrison masih kalah bersaing dengan para pemain lainnya. Keirrison menghabiskan waktu dari 2009 sampai 2014 sebagai pemain pinjaman yang mana belum sekalipun pernah tampil untuk Barcelona secara resmi. Bahkan dia juga diklaim sebagai perekrutan terburuk sepanjang sejarah Barcelona.

Ishak Belfodil

Ishak Belfodil

Ishak Belfodil adalah seorang striker kelahiran Algeria yang pernah memiliki pengalaman membela sejumlah klub di berbagai negara. Pada musim 2012-2013, dia adalah pemain FC Parma yang mencatatkan 8 gol dalam 33 penampilannya. Uniknya, hanya dengan catatan gol minim tersebut, justru Internazionale Milano atau Inter Milan merekrutnya pada tahun 2013 dengan durasi kontrak selama 5 tahun dan dengan mahar transfer sebesar EURO 5.75 juta. Sayangnya, berada di Inter Milan, Belfodil hanya dipasang sebanyak 8 kali dan belum memiliki catatan gol sama sekali yang mana akhirnya dia kembali ke Parma dengan status pinjaman di tahun berikutnya.

Massimo Taibi

Massimo Taibi

Massimo Taibi adalah pemain berstatus penjaga gawang yang pernah membela sejumlah klub di Italia. Dia juga pernah sekali keluar dari Italia ketika pada tahun 1999 mendapatkan tawaran dari Manchester United yang mana pada waktu itu butuh penjaga gawang tangguh untuk menggantikan Peter Schemeichel yang memutuskan untuk bergabung dengan Sporting Lisbon. Sayangnya, justru kedatangan Taibi dengan mahar sebesar GBP 4,5 juta ke Manchester United berbuah negatif. Penampilannya sangat buruk di bawah mistar gawang dan kerap melakukan blunder. Tercatat sejak direkrut dari Venezia, Taibi hanya bermain sebanyak 4 kali saja, termasuk satu laga ketika Manchester United kalah untuk pertama kali saat bermain di kandang Chelsea dengan skor telak 5 – 0.

Jonathan Woodgate

Jonathan Woodgate

Jonathan Simon Woodgate atau Jonathan Woodgate adalah pemain tengah yang menjadi rekrutan terburuk dalam sejarah Real Madrid. Betapa tidak, kala bermain untuk Newcastle United sebanyak 28 kali, Woodgate belum pernah sekalipun mencetak gol dan uniknya justru hal itu tidak menyurutkan manajemen Real Madrid untuk merekrutnya pada bulan Agustus 2004 dengan mahar GBP 13.4 juta. Sayangnya, dia baru dapat membela Real Madrid secara perdana pada tanggal 22 September 2005 karena cedera yang dialaminya. Baru pertama bermain untuk El Real, Woodgate mencetak gol bunuh diri dan juga mendapatkan kartu merah di satu laga itu.

Fernando Torres

Fernando Torres

Fernando José Torres Sanz atau Fernando Torres  adalah mantan pemain Liverpool yang mana memutuskan untuk menerima tawaran Chelsea pada tahun 2011. Padahal dengan Liverpool, Torres termasuk salah satu pemain bintang dengan catatan 65 gol dari 102 penampilannya dari tahun 2007 sampai 2011. Alih-alih berlaku sama, justru setelah berseragam Chelsea, Torres hanya mencetak 20 gol dari 110 penampilannya dan lebih sering dudukdi bangku cadangan karena kalah bersaing dengan Didier Drogba.

Masukkan komentar anda.

To Top