Insight

7 Sejarah Nama Perusahaan-Perusahaan Terkenal Dunia

7 Sejarah Nama Perusahaan-Perusahaan Terkenal Dunia

Setiap nama pastinya memiliki arti sendiri-sendiri dan setiap nama juga mempunyai sejarah di balik pengambilan atau penyematannya itu. Nama-nama yang dimaksud tidak hanya sekadar terfokus pada nama seseorang manusia saja, melainkan dapat juga nama sebuah benda, obyek atau bahkan sebuah perusahaan. Nah, berikut ini adalah sejarah penciptaan nama-nama perusahaan terkenal di dunia menurut 7meter.

  • 7 Eleven

7 Eleven

7 Eleven adalah sebuah perusahaan franchise Jepang yang didirikan oleh pendana dari Amerika serikat bernama Joe C Thompson Jr dengan kantor pusat di Dallas, Texas. Perusahaan ini awalnya bernama Tote’m Stores pada tahun 1927. Setelah lama menggunakan nama Tote’m Store, akhirnya pada tahun 1946, sang pemilik mengganti namanya menjadi 7-Eleven dengan alasan untuk merepresentasikan waktu kerja mereka yang tanpa lelah, tanpa batas, dari pukul 7 pagi sampai 11 malam, 7 hari dalam seminggu.

  • Nintendo

Nintendo

Nintendo adalah sebuah perusahaan elektronik dan video game yang berkantor pusat di Kyoto, Jepang. Perusahaan satu ini didirikan oleh Fusajiro Yamauchi pada tanggal 23 September 1889. Produk pertamanya adalah kartu untuk bermain. Nama Nintendo sendiri aslinya adalah Nintendou dan merupakan gabungan dari beberapa kata, yaitu nin (terpercaya) dan tendou adalah surga yang memiliki artian meninggalkan keberuntungan untuk menuju surga.



  • Pepsi

Pepsi

Pepsi adalah sebuah perusahaan penghasil minuman berkarbonasi yang pertama kali diciptakan dan dikembangkan pada tahun 1893 oleh Caleb Bradham. Pepsi bukanlah nama pertama karena awalnya Caleb memberikan nama produknya itu Brad’s Drink. Nama Brad’s Drink kemudian diganti menjadi Pepsi-Cola pada tanggal 28 Agustus 1898 setelah Caleb mengambil akar kata dari dspepsia dan kacang kola. Caleb menganggap bahwa produknya nanti dapat memberikan kelegaan, membantu pencernaan dan meningkatkan energi.

  • Sony

Sony

Kembali lagi ke Jepang di mana ada sebuah perusahaan elektronik yang memiliki kantor pusat di Kounan, Minato, Tokyo, Jepang bernama Sony. Banyak produk mulai dari perangkat game sampai dengan perangkat mobile diciptakan olehperusahaan satu ini. Terlepas dari pencapaian tersebut, sebenarnya nama Sony sendiri Tokyo Tsushin Kogyo dan berhasil menciptakan produk radio pertama yang asli Jepang. Pada tahun 1958, nama Tokyo Tsushin Kogyo berubah menjadi Sony. Namun ada informasi lain bahwa kata Sony sendiri diambil dari Bahasa Latin, yaitu Sonus yang artinya Sound.

  • Adidas

Adidas

Adidas adalah perusahaan penciptan segala pernak-pernik olahraga terkenal dunia. Akan tetapi sebelum terkenal, Adidas ini didirikan dan dimiliki oleh kakak beradik bernama Adolf Dassler dan Rudolf Dassler. Setelah bersama menciptakan perusahaan pembuat sepatu, Rudolf memutuskan keluar dan menciptakan perusahaannya sendiri bernama Ruda (nantinya menjadi Puma), sedangkan Adolf atau Adi menggabungkan namanya sendiri, Adi+dassler menjadi Adi+das.

  • Nokia

Nokia

Sebelum datangnya era smartphone dan BlackBerry, Nokia adalah salah satu brand ponsel yang sangat terkenal. Banyak produk mereka yang sangat ikonik dan populer di pasaran. Nokia merupakan perusahaan yang memiliki kantor pusat di Espoo, di area Helsinki Metro. Namun sebelumnya, penggunaan nama Nokia ini diambil dari nama sebuah kota kecil bernama sama, Nokia. Dan pada tahun 1871, sang pemilik perusahaan menggunakan nama Nokia ab dengan fokus produk pada pembuatan kertas dan karet.



  • Adobe

Adobe System Incorporated ada lebih dikenal dengan nama Adobe adalah sebuah perusahaan penghasil software komputer multinasional. Kantor pusat dari perusahaan ini terletak di San Jose, California. Perusahaan ini didirikan di garasi milik John Warnock dengan nama Adobe yang diambil dari nama sungai di dekat garasi tersebut, yaitu Sungai Adobe Creek.

Masukkan komentar anda.

To Top