Nature

7 Sungai ini Terpanjang di Dunia

7 Sungai ini Terpanjang di Dunia

Di bumi, selain gunung, laut, dan alam lainnya juga memiliki sungai tentu saja berkaitan dengan kehidupan manusia. Jika semua sungai dihitung tentu tidak akan banyak sekali jumlahnya, namun Untuk sungai terpanjang, 7 sungai di bawah ini sepertinya pantas untuk menyandang predikat tersebut. Meskipun ukuran panjangnya belum terlalu akurat, namun beberapa peneliti sepakat bahwa sungai-sungai dibawah ini pantas disebut sebagai sungai yang terpanjang di dunia.

Selain laut, sungai merupakan bagian penyuplai air untuk bumi, dan sungai berikut ini pastinya sangat berpengaruh terhadap bumi kita ini. Langsung saja kita lihat sungai apa saja yang masuk ke dalam daftar sungai terpanjang di dunia.

  • Sungai Nil

Sungai Nil

Sungai yang satu ini memang telah disebut sebagai sungai terpanjang di dunia dengan panjangnya 6.650 km atau setara dengan 4,132 mil. Sungai yang melewati sebelas negara ini merupakan sumber air bagi para penduduk negara tersebut. Negara yang yang dilewati oleh sungai Nil ini diantarnya adalah Tanzania, Uganda, Rwanda, Kenya, Kongo, Burundi, Ethiopia, Sudan Selatan, Sudan, Republik Demokratik, Eritria, dan juga Mesir. Sungai ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Sungai Nil Biru dan Sungai Nil Putih.

  • Sungai Yangtze

Sungai Yangtze

Sunga kedua yang pantas disebut sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia adalah sungai yang terdapat di Asia ini. Denagn panjang sekitar 6.300 km, sungai ini memanjang dari Qinghai hingga ke Shanghai. Volume debit sungai ini termasuk ke dalam kategori yang terbesar di dunia. Sungai ini memiliki peran yang penting dalam perkembangan ekonomi, budaya, dan bahkan sejarah di China.

  • Sungai Mississipi

Sungai Mississipi

Berlanjut ke sungai selanjutnya yaitu singai Mississipi dengan panjang sekitar 6.275 km. Sungai yang berada di wilayah Amerika Serikat ini mnegalir di sepanjang negara bagian Ameriak yang berjumlah sekita 31 negara dan 2 provinsi di Kanada.

  • Sungai Kuning

Sungai Kuning

Sungai yang juga dikenal dengan nama Yellow River ini memiliki panjang sekitar 5.464 km dan mausk ke dalam kategori sungai terpanjang kedua di Asia setelah Sungai Yangtze. Sungai yang berawal dari Pegunungan Har Byan ini mengalir hingga Laut Bohai. Sungai ini merupakan tempat lahirnya peradaban China kuno yang menjadi awal mula China sekarang.

  • Sungai Yenisei

Sungai Yenisei

Sungai yang pusat dari berbagai sungai besar di Siberia ini memiliki kedalaman sekitar 80 kaki. dengan panjang 5,539 km, sungai Yenisei menjadi salah satu kandidat menjadi ssalah satu sungai terpanjang yang anda di dunia.

  • Sungai Amazon

Sungai Amazon

Siapa yang tak kenal Sungai Amazon? Sungai yang banyak menginspirasi pembuatan film ini merupakan tempat ikan piranha yang legendaris. Sungai yang terletak di wilayah Amerika Serikat ini memiliki panjang hingga 6.400 km atau setara dengan 3.976 mil. Debit dari sungai Amazon ini juga termasuk yang terbesar jika dibandingkan dengan sungai terpanjang lainnya.

  • Sungai Ob

Sungai Ob

Di tempat terakhir ada sungai Ob atau kita ucapkan dengan Obi. Sungai yang membentang dari Siberia dan bermuara di Teluk Ob ini mencipatakan muara yang paling panjang di dunia. Dengan panjang sekitar 5.410 km, sungai Ob pantas masuk daftar sungai terpanjang di dunia.

Jadi itulah 7 sungai terpanjang di dunia yang terletak di berbagai wilayah di dunia. Masing-masing sungai memiliki panjang yang berbeda dan peran penting untuk wilayah yang dilewatinya.

Masukkan komentar anda.

To Top