Insight

7 Wanita Hebat yang Justru Terlupakan oleh Sejarah Dunia

7 Wanita Hebat yang Justru Terlupakan oleh Sejarah Dunia

Sejak zaman dahulu atau awal terciptanya peradaban manusia modern, ada banyak peristiwa yang tercatat dalam buku sejarah dunia, mulai dari yang sepele sampai dengan yang terbesar dan penting. Hanya saja, tidak sedikit pula yang terlupakan karena banyaknya peristiwa-peristiwa lain yang juga bermunculan, termasuk adalah beberapa orang wanita yang dapat dikatakan memiliki peran penting dalam sesuatu, namun justru tidak sedikit yang melupakan atau bahkan tidak mengetahuinya.

Untuk itu, agar mengetahui atau bahkan mengingatnya kembali, berikut ini ada daftar wanita-wanita hebat yang terlupakan dalam sejarah peradaban manusia.

Valentina Tereshkova

Valentina Tereshkova

Valentina Tereshkova adalah wanita pertama yang diterbangkan atau dikirimkan ke luar angkasa. Dia melakukan misi tersebut pada bulan Juni 1963 sebagai bentuk jawaban Uni Soviet terhadap kepongahan Amerika Serikat yang mengklaim berhasil mengirimkan orang pertama ke luar angkasa. Setelah 70 jam dan 50 menit berada di luar angkasa bersama 4 kosmonot wanita lainnya, ketika mendarat kembali ke bumi, Tereshkova dianugerahi banyak penghargaan dari Pemerintah Uni Soviet. Sayangnya, namanya sekarang masih kalah bersaing dengan Yuri Gagarin atau Neil Amstrong dan kawan-kawan.

Margareth Hamilton

Margareth Hamilton

Jika bukan karena Margareth Hamilton, pendaratan pertama Neil Amstrong dan kawan-kawan di bulan tidak akan diketahui sampai sekarang ini. Bersama dengan 400 ribu teknisi yang berada di bawah arahannya, Hamilton berhasil membuat Apollo 11 yang sangat canggih untuk ukuran tahun tersebut. Dia baru mendapatkan penghargaan atas jasanya itu pada tahun 2016 yang mana diberikan oleh Barack Obama waktu dia masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Caroline Herschel

Caroline Herschel

Jika selama ini yang sering didengar adalah para penemu atau ilmuwan jenius dari kaum Adam, ternyata ada juga yang dari kaum Hawa, yaitu Caroline Herschel. Dia adalah seorang ilmuwan perempuan yang tercatat sebagai wanita pertama yang menemukan komet dan 8 benda langit lainnya. Karena kepandaiannya itu, Herschel mendapatkan banyak sekali penghargaan dari berbagai pihak.

Andree de Jongh

Andree de Jongh

Andree de Jongh adalah pimpinan dari kelompok pelawan tentara Nazi Jerman pada saat Perang Dunia II. Kelompok yang bernama Comet Line tersebut bertugas untuk membantu para tentara Sekutu yang terluka atau melarikan diri dari kejaran para tentara Nazi sampai kembali ke garis pertahanan yang aman. Diperkirakan ada lebih dari 100 tentara Sekutu yang berhasil dia dan kelompoknya selamatkan. Sayangnya, kemudian dia tertangkap dan dijebloskan ke camp konsentrasi.

Bertha von Suttner

Bertha von Suttner

Bertha von Suttner adalah wanita pertama di dunia yang berhasil mendapatkan Nobel Perdamaian. Dia menulis buku yang berjudul Lay Down Your Arms pada tahun 1889 dan menjadi salah satu buku paling berpengaruh di tahun 1800-an. Dia juga menjadi pemimpin dari pergerakan perdamaian pada tahun 1891 yang kemudian ditetapkan namanya menjadi Austrian Peace Society. Tidak banyak informasi mengenai Bertha von Suttner ini.

Dr. Mary Edwards Walker

Dr. Mary Edwards Walker

Dr. Mary Edwards Walker adalah seorang perawat dan juga ahli bedah pada saat terjadinya Civil War di Amerika Serikat. Dia juga menjadi salah satu aktivis yang menyuarakan persamaan hak antara wanita dan pria. Ketika Civil War terjadi, dia kemudian bergabung dengan kubu Union sebagai perawat di Washington dan kemudian pindah ke Ohio untuk menjadi ahli bedan. Banyak penghargaan yang didapatkannya selama menjadi perawat dan ahli bedah tersebut.

Hatshepsut

Hatshepsut

Hatshepsut adalah wanita pertama yang pernah mendapatkan gelar Firaun atau Paraoh di Mesir. Dia menjadi ratu setelah suaminya meninggal dunia. Banyak hal hebat yang tercipta di masa kepemimpinannya, salah satunya adalah kuil indah di Deir el-Bahri. Sayangnya, ketika dia meninggal dunia dan jabatannya itu digantikan oleh anak angkatnya, justru nama dan keberadaan Hatshepsut sebagai seorang Firaun wanita pertama dikaburkan. Bahkan patungnya pun dibuat seperti seorang laki-laki lengkap dengan brewok di wajahnya.

Masukkan komentar anda.

To Top