Nature

Cobalah Untuk Mengarungi 7 Sungai Terpanjang Di Dunia Ini

sungai terpanjang dunia

Apakah anda pernah bermain ke sebuah sungai sebelumnya? Tentunya anda dapat bermain air sepuasnya dan juga melakukan berbagai kegiatan seru lainnya. Namun jika anda mengajak anak di bawah umur, maka alangkah baiknya jika anda melakukan pengawasan ekstra. Sungai merupakan kumpulan air besar yang terus mengalir dari hulu menuju hilir. Tentunya sungai yang ada saat ini memiliki panjang yang dapat digunakan sebagai batas wilayah. Namun ternyata saat ini sudah ada sungai terpanjang yang sudah tercatat dalam sebuh rekor dunia. Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa sungai terpanjang yang ada di dunia saat ini.

Tentunya tidak pernah terpikirkan oleh anda untuk mengetahui panjang dari beberapa sungai yang ada. Jika anda mengetahuinya, mungkin anda akan menghela napas sejenak karena takjub dengan ukuran panjang yang dimiliki. Berikut ini adalah 7 sungai terpanjang yang ada di dunia:

  • Sungai Nil

sungai nil

Tentunya anda sudah pernanh mendengarnya saat mengenyam pendidikan si bangku sekolah dasar. Sungai tersebut membentang hingga mencapai beberapa daerah di Afrika. Panjang sungai Nil diketahui mencapai angka 6.696 Km jauhnya. Tentunya sungai tersebut sudah melintasi berbagai negara jika memiliki jarak dengan angka tersebut. Namun sungai tersebut sering meluap dan membanjiri daerah yang dilintasinya. Maka dari itu ada pembangunan sebuah bendungan yang dilakukan oleh pemerintah Mesir.

  • Sungai Amazon

sungai amazon

Sungai terbesar kedua datang dari daerah Amerika Latin. Ya, sungai tersebut adalah Amazon. Sungai yang terkenal memiliki hutan lebat dengan berbagai spesies berbahaya tersebut ternyata menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia. Jarak yang dimiliki oleh sungai tersebut mencapai angka 6.516 Km. Tentunya jarak tersebut sangatlah panjang untuk ukuran sebuah sungai.

  • Sungai Yangtze

sungai yangtze

Kali ini sungai terpanjang datang dari dataran Cina. Selain menjadi sungai terpanjang di Cina, sungai Yangtze juga menjadi salah satu sungai terpanjang yang ada di dunia. Dengan panjang mencapai angka 6.380 Km, maka tak heran jika sungai tersebut masuk kedalam jajaran sungai terpanjang di dunia.

  • Sungai Mississipi

sungai mississipi

Tentunya anda sudah pernah mendengar salah satu sungai terpanjang yang ada di Amerika Serikat. Ya, nama sungai tersebut adalah Mississipi. Pemerintah Amerika menjadikan sungai tersebut sebagai salah satu tujuan wisata bagi banyak orang. Dengan panjang sungai yang mencapai angka 5.969 Km, tentunya anda akan merasa kagum.

  • Sungai Ob Irtysh

sungai ob irtysh

Sungai ini terbentang dari beberapa kawasan di Asia hingga beberapa kawasan di Eropa. Bagaimana tidak? Sungai tersebut memiliki panjang mencapai angka 5.568 Km. Tetunya hal tersebut akan membuat anda tercengang dengan panjang yang dimiliki.

  • Sungai Yenisei-Angara-Selenga

sungai yenisei

Sungai terpanjang berikutnya datang dari benua Asia. Dengan iklim tropis yang dimiliki, tentunya pemandangan disekitar sungai yang ada akan tampak sangat indah. Pemandangan tersebut membentang sepanjang 5.550 Km. Tentunya membutuhkan waktu berhari-hari untuk dapat menyusuri panjangya sungai tersebut.

  • Sungai Kuning

sungai kuning

Anda pastinya pernah mendengar nama lain dari sungai terpanjang yang ada di negara Cina. Ya, sungai tersebut adalah sungai Kuning (Huang He). Sungai tersebut merupakan yang terpanjang kedua di negara Cina dan menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia. Dengan panjang mencapai 5.464 Km. Sungai kuning juga menjadi salah satu sumber kehidupan di Cina.

Itulah tadi beberapa informasi seputar 7 sungai terpanjang di dunia. Tentunya hal ini akan membuat anda takjub dengan panjang yang dimiliki. Hal tersebut dapat menjadi wawasan bagi anda.

Masukkan komentar anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top