Insight

Inilah 7 Kota dengan Penduduk Terbanyak di Indonesia

Inilah 7 Kota dengan Penduduk Terbanyak di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar nomor 4 di dunia, dengan jumlah populasi lebih dari 249 juta jiwa pada sensus tahun 2015. Selain menempati nomor 4 di dunia tentang jumlah penduduk di dunia, Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk islam atau muslim terbesar di dunia.

Dengan jumlah penduduk yang besar ini, Indonesia merupakan satu-satunya negara kepulauan yang menempati peringkat empat dengan jumlah penduduk terbesar di dunia dibawah RRC, Rusia, dan USA. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 13.466 pulau di dalamnya dan terletak di wilayah tropis, hal ini karena Indonesia dilewati oleh garis katulistiwa. Dengan banyaknya pulau di Indonesia, juga dibarengi dengan banyaknya kota di Indonesia.

Tentu kota yang masuk dalam artikel ini adalah kota metropolitan, kotayang paling sedikit jumlah penduduk lebih dari 1 juta di Indonesia. Bagi anda yang ingin mengetahui secara jelas dan detail mengenai kota dengan penduduk terbanyak di Indonesia, anda berada di artikel yang tepat. Artikel ini akan menyajian 7 kota dengan penduduk terbanyak di Indonesia di paragraf kedua dibawah ini.

Berikut 7 Kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia yang disertai dengan data yang valid dari sensus penduduk terbaru oleh pemerintah :

  • Kota Jakarta Timur

Kota Jakarta Timur

Kota Jakarta Timur adalah nama sebuah kota di bagian timur di Jakarta. Pusat pemerintahanya atau balai kotanya berada di Cakung. Dan memiliki moto Bambu Apus- Sri Gunting. Jumlah penduduk di Jakarta timur ini pada sensus penduduk 2010 sebanyak 2.693.896 Jiwa dan bertambah menjadi 2.852.887 pada 2015 menurut data dari kemendagri.

  • Kota Surabaya

Kota Surabaya

Kota Surabaya adalah nama ibu kota provinsi Jawa Timur, sekaligus kota metropolitan yang di pimpin oleh wali kota bernama Ir. Tri Rismaharini, M.T. Kota Surabaya merupakan kota dengan jumlah penduduk sebanyak 2.765.487 pada sensus 2010 dan bertambah menjadi 2.805.906 menurut data kemendagri 2015 yang hanya kalah tipis dari Jakarta Timur.

  • Kota Medan

Kota Medan

Kota Medan adalah nama ibu kota provinsi Sumatera Utara, sekaligus kota metropolitan yang ada disumatera. Kota medan dipimpin oleh wali kota bernama Drs. H.T Dzulmi Eldin, S.M.Si dengan jumlah penduduk sebanyak 2.465.469 Jiwa menurut data kemendagri 2015.

  • Kota Bekasi

Kota Bekasi

Kota Bekasi adalah salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, yang terletak dekat perbatasan dengan kota Jakarta. Kota Bekasi memiliki semboyan Bekasi Maju, Sejahtera dan Ihsan dengan jumlah penduduk 2.381.053 Jiwa menurut data kemendagri 2015.

  • Kota Bandung

Kota Bandung

Kota Bandung adalah nama ibu kota provinsi Jawa Barat, kota ini menjadi terkenal berkat inovasi-inovasi nyentrik dari wali kotanya Ridwan Kamil. Kota Bandung merupakan kota dengan jumlah penduduk sebanyak 2.339.463.

  • Kota Jakarta Barat dan Jakarta Selatan

Kota Jakarta Barat dan Jakarta Selatan

Kota Jakarta Barat adalah nama sebuah kota di bagian barat Jakarta dengan jumlah penduduk sebanyak 2.234.397 Jiwa. Sedangkan Jakarta Selatan merupakan kota dengan jumlah penduduk sebanyak 2.113.397 Jiwa.

Demikian artikel mengenai 7 kota di Indonesia dengan jumlah penduduk terbanyak menurut data terbaru dari pemerintah. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

To Top