Nature

Berikut Nama Sungai Di Seluruh Dunia Yang Mempunyai Panjang Yang Tak Masuk Akal

sungai terpanjang di dunia

Sungai merupakan bagian yang penting dalam peradaban manusia. Karena sungai berperan dalam menyalurkan air sehingga disetiap lokasi yang dilewati oleh sungai tersebut akan berkecukupan air. Beberapa sungai di dunia, memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Salah satunya adalah panjang dari sungai itu sendiri.

Tahukah anda sungai Kapuas? Sungai ini adalah sungai yang terpanjang yang ada di indonesia. Panjangnya mencapai 1143 km. Jika diibaratkan dengan jalan aspal, kira-kira panjang sungai ini adalah perjalanan pulang-pergi Jakarta – Yogyakarta. Sangat luar biasa bukan? Namun ternyata sungai terpanjang di Indonesia ini masih belum bisa dibandingkan dengan sungai sungai terpanjang di dunia. Berikut ini adalah 7 sungai terpanjang di dunia yang wajib anda ketahui.

Sungai Amazon

sungai amazon

Sungai yang berada di Amerika Selatan ini adalah sungai terpanjang di dunia. Panjang sungai ini mencapai hampir 7000 km, atau tepatnya 6992 km. Bahkan panjang pulau Sumatera pun tidak dapat mencapai angka 2500 km. Anda bisa bayangkan bagaimana panjangnya sungai yang satu ini. Tak hanya panjang yang luar biasa, ternyata sungai ini juga terkenal dengan penghuni sungai tersebut yang begitu ganas dan jarang ditemui di tempat-tempat yang lain.

Sungai Nil

 

sungai nil

Pada posisi kedua, sungai terpanjang di dunia dipegang oleh sungai Nil. Sungai yang berada di benua Afrika ini memiliki panjang kurang lebih 6853 km. Saking panjangnya, sungai ini membagi kurang lebih 9 negara yang ada di benua Afrika, termasuk Mesir.

Sungai Yangtze

sungai yangtze

Sungai yang satu ini memang berada pada posisi yang ketiga. Namun panjang sungai ini pun memang tidak bisa diremehkan, yaitu sekitar 6300 km. Selain sebagai sungai terpanjang nomor 3 di dunia, ternyata sungai Yangtze ini merupakan sungai terpanjang di Asia.

Sungai Kuning

sungai kuning

Sungai yang satu ini mempunyai nama lain Huang Ho atau Huang He. Terletak di daerah Tiongkok, sungai ini mempunyai panjang 5464 km, sehingga sungai ini termasuk sungai terpanjang kedua di Asia setelah sungai Yangtze.

Sungai Parana

 

sungai parana

Sungai yang berawal dari negara Brazil dan melewati 2 negara lain yaitu Paraguay dan Argentina ini adalah sungai terpanjang di dunia yang kelima. Sungai ini memiliki panjang 4800km. Dari sekian panjang yang dimiliki sungai ini, hanya sekitar 619 km yang termasuk ke dalam negara Brazil.

Sungai Kongo

 

sungai kongo

Sungai ini memiliki panjang 4700 kilometer dengan kedalaman lebih dari 230 meter. Sehingga selain menjadi sungai terpanjang keenam di dunia, sungai ini menjadi sungai terdalam di kongo. Sungai ini juga melewati 9 negara yang ada di Afrika dan berakhir di samudra Atlantik di barat Afrika.

Sungai Mekong

 

sungai mekong

Kira-kira apakah sungai ini memiliki panjang mendekati sungai terpanjang di Indonesia? Ternyata tidak. Sungai terpanjang ketujuh di dunia ini memiliki panjang 4350 km. Dengan selisih lebih dari 2000 km dengan sungai terpanjang di indonesia. Sungai yang berawal dari Tibet ini terus mengalir hingga melewati setidaknya 7 negara di Asia, seperti China hingga Vietnam.

Memang tidak dapat dipungkiri sungai-sungai di atas adalah sungai yang sangat penting bagi para penduduk sebagai peradaban manusia. Namun jika manusia tidak dengan hati-hati merawat atau mempergunakan sungai ini, dapat berakibat fatal dan menjadi sebuah bencana untuk masyarakat. Demikian informasi ini dibuat untuk menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat.

Selain Sungai Terpanjang di Dunia, baca juga artikel kami mengenai 7 ciri khas artis cantik dari hollywood!

4 Comments

4 Comments

  1. Muhammad Alit

    February 1, 2018 at 7:18 PM

    wish bisa liat langsung amazon, nil sama yangtze, amin…

  2. Pingback: Pesona Artis Cantik, Jadi "Point of View" Hollywood | SNARG

  3. Pingback: 7 Danau Terindah di Dunia | SNARGnet

  4. Pingback: Cobalah Arungi 7 Sungai Terpanjang Di Dunia Ini | SNARGnet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top