Insight

Nikmati Keindahan Tujuh Candi Terbesar Yang Berada di Indonesia

candi terbesar di indonesia

Indonesia memang sudah terkenal akan wisata budayanya yang mendunia. Jenis wisata budaya yang ada di Indonesia juga sangat bermacam-macam. Salah satunya adalah peninggalan bersejarah berupa candi. Pada kesempatan ini, kami akan menyajikan sedikit ulasan mengenai candi-candi yang ada di Indonesia, terkhusus pada 7 candi terbesar di Indonesia.

Pada dasarnya, candi-candi di indonesia memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat peribadatan untuk agama-agama Hindu dan Budha. Kemegahan dari tiap candi tersebut juga berbeda-beda. Beberapa di antara candi-candi tersebut ada yang berukuran sangat besar, hingga kadang logika manusia sulit untuk memahami bagaimana candi tersebut dibuat.
Berikut ini adalah urutan 7 candi yang paling besar yang ada di Indonesia.

Borobudur

 

candi borubudur

Selain ukurannya yang sangat besar, candi ini juga memiliki keunikan yang beragam. Bahkan berbagai macam keunikan dan ciri khas yang dimiliki, candi ini pernah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia selama beberapa tahun.

Candi yang terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini sudah banyak dikenal oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain digunakan sebagai tempat wisata, borobudur sampai saat ini juga masih rutin digunakan sebagai tempat peribadatan agama Budha terutama pada hari-hari besarnya.

Candi Plaosan

 

candi plaosan

Mungkin nama candi ini tidak seterkenal candi Borobudur. Dari ukurannya pun candi ini termasuk urutan nomor 2 candi terbesar setelah candi Borobudur. Candi ini bertempat di kawasan kompleks percandian. Yaitu di sebuah desa bernama Bugisan. Desa ini terletak di kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Candi Prambanan

 

candi prambanan

Candi ini juga cukup terkenal di indonesia akan legenda asal-usulnya. Ya, siapa yang tidak mengetahui cerita tentang Roro Jonggrang yang mengacaukan para pasukan iblis seketika membuat 1000 candi dalam satu malam. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, yang terletak di Yogyakarta dan Klaten.

Candi Arjuna

 

candi arjuna

Candi ini adalah salah satu candi yang terletak di kompleks percandian Dieng, Jawa Tengah. Memiliki keunikan dan keindahannya sendiri, membuatnya ramai dikunjungi para wisatawan. Di tempat ini juga sering diadakan berbagai macam event-event tahunan yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara, yang begitu menarik minat untuk dikunjungi.

Candi Sanggrahan

 

candi sanggrahan

Candi Sanggrahan atau yang memiliki nama lain Candi Cungkup ini adalah salah satu candi Budha yang berada di kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Meskipun ukurannya yang cukup besar, namun candi ini terlihat seperti tidak terawat dibanding candi-candi yang telah disebutkan di atas. Bahkan di bagian pintu masuknya pun tuhan batu-batu sisa bagian gapura candi. Selain candi di kompleks ini terdapat beberapa objek lain seperti tugu dan umpak.

Candi jawi

 

candi jawi

Nama asli dari candi ini adalah Jajawa. Candi yang merupakan bagian peninggalan bersejarah hindu budha ini berdiri pada abad ke-13 pada masa kerajaan Singasari. Candi yang terletak di Pasuruan, Jawa Timur ini bukan digunakan untuk peribadatan, namun digunakan sebagai tempat penyimpanan abu raja terakhir kerajaan Singasari yaitu Kertanegara.

Candi Mendut

 

candi mendut

Berlokasi tidak jauh dari candi Borobudur, candi ini memiliki corak yang sama yaitu bercorak Budha. Candi mendut terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kira-kira berjarak 3km dari Candi Borobudur. Candi Mendut didirikan pada Dinasti Syailendra.

Demikian informasi tentang 7 candi terbesar di Indonesia.7 Candi ini merupakan bukti dari sejarah Indonesia sejak zaman dahulu. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel kami mengenai Ciri khas yang menandai artis cantik asal bollywood.

Masukkan komentar anda.

4 Comments

4 Comments

  1. Novita Sari

    November 21, 2017 at 4:15 PM

    semoga keindahan candi candi di indonesia tetap dirawat agar wisatawan dalam atau luar negeri tetap memberikan kesan positif.

  2. Pingback: Simak 7 Racun Di Dunia Paling Mematikan Berikut Ini, Yang Nomer 1 Paling Berbahaya | SNARG

  3. Pingback: 7 Lagu, Dongkrak Popularitas Sasha Fierce "Beyonce" | SNARGAZINE

  4. Pingback: Tujuh Pulau Paling Indah Di Seluruh Dunia | SNARGnet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top