Insight

Simak! 7 Negara Dengan Pendidikan Terbaik Didunia Saat Ini

negara dengan pendidikan terbaik dunia

snargnet Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk masa depan, baik masa depan seorang anak dan masa depan bangsa. Jika pendidikan tidak ada maka kebodohan akan semakin merajalela. Kita tahu bahwa pendidikan wajib yang ada di Negara kita adalah wajib belajar selama 9 tahun, pemerintah mendukung dengan cara memberikan uang bos setiap siswa, uang bos tersebut diterima mulai dari SD hingga SMP. Bahkan ada banyak bantuan yang diberikan juga kepada lembaga pendidikan SMA. Selain itu pemerintah dan instansi lainnya juga memberikan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu dan anak yang cerdas.

Berikut ini adalah 7 negara dengan pendidikan terbaik yang patut ditiru dan diacungi jempol, prestasi dalam bidang pendidikan dinegara ini sangat bagus :

  • Finlandia

Pendidkan terbaik nomer satu jatuh kepada Negara Finlandia, selain pendidikan, Finlandia juga disebut-sebut sebagai Negara yang memiliki kualitas hidup yang bagus. Kenapa pendidikan di Finlandia menjadi pendidikan terbaik didunia, karena didalam pendidikan Finlandia semua sekolah dikelola pemerintah, pemerintah memiliki andil yang sangat besar dalam memajukan pendidikan di Finlandia, tidak ada tugas dirumah, tidak ada ujian nasional, guru kualitas yang bagus, serta kurikulum pendidikan yang menyesuaikan. Jika dilihat system pendidikan Finlandia sangat enak dan cenderung bebas, namun system ini sama sekali tidak menjadi masalah.

  • Korea Selatan

Pendidikan di Korea Selatan cukup ketat, untuk systemnya kurang lebih sama dengan Indonesia, system yang dianut adalah 6-3-3-4. 6 tahun untuk SD dengan nama yang berbeda, 3 tahun untuk SMP, 3 tahun lagi untuk SMA, dan 4 tahun perguruan terakhir. Pendidikan di Korea cukup keras, sering sekali anak-anak akan pulang tengah malam karena belajar di perpustakaan ketika ujian datang.

  • Hongkong

Kualitas pendidikan di Hongkong juga sangat bagus, dalam hal pendidikan lebih menekankan kepada pendidikan yang kompetitif dengan kualiatas pengajar yang terbaik. Pendidikan di Hongkong juga masih menerapkan system ujian pendidikan Hongkong dan ujian pemeriksaan tingkat lanjutan Hongkong.

  • Jepang

Untuk system pendidikan di Jepang tidak perlu diragukan lagi. System pendidikan Jepang sebenarnya sama dengan yang ada di Indonesia, hanya saja kualitas pengajar dan semangat belajar anak-anak Jepang lebih besar. Untuk ujian kelas tidak ada, hanya saja sebelum masuk SMA biasanya ada ujian masuk.

  • Singapura

Negara lainnya yang memiliki system pendidikan terbaik adalah Negara Australia, benua terkecil ini menjadi salah satu tempat belajar yang banyak didatangi oleh warga Indonesia. Kualitas pendidikan di Autralia sukses karena memiliki infrastruktur yang bagus, ditambah dengan kualitas pengajar yang bagus. Untuk jenjang sekolah sedikit berbeda, pada sekolah menengah di Singapura dijalani 4 tahun. Dan untuk metode pelajaran siswa dituntut harus bisa menyelesaikan masalah.

  • Belanda

Negara selanjutnya yang masuk kedalam Negara dengan kualitas pendidikan yang bagus adalah Belanda. Standar kualitas pendidikan di Belanda bahkan sudah ditetapkan dengan hokum, dan setiap program studi harus diakreditasi oleh pemerintah.

  • Kanada

Dan Negara ketujuh yang menjadi Negara dengan kualitas pendidikan yang bagus adalah Kanada. Pendidikan yang ada merupakan pendidikan dengan system sekolah swasta dan privat.

7 Negara tersebut merupakan negara yang memiliki kualitas pendidikan tidak diragukan lagi. Negara kita memang patut mencontoh mengikuti acuan negara-negara tersebut dengan kualitas pendidikan yang baik. Selain 7 negara diatas, ada juga Negara lain yang memiliki kualitas pendiidkan bagus, seperti Austria, Belgia, Swiss, dan masih banyak lagi Negara lainnya.

Masukkan komentar anda.

To Top