Insight

Racun yang paling mematikan

racun paling berbahaya di dunia

Mungkin tanpa kita sadari sebenarnya banyak zat-zat kimia beracun, baik itu dari tumbuhan, hewan, ataupun campuran bahan kimia buatan manusia, berada di sekitar kita. Bahkan mungkin racun yang ada di sekitar kita memiliki efek yang sangat berbahaya dan dapat membawa manusia menuju kematian.

Simak apa saja racun yang paling mematikan yang pernah ada berikut ini agar anda bisa berhati-hati!

Asam Fluorida

Zat beracun yang satu ini adalah salah satu senyawa kimia yang penting dalam berbagai macam produksi. Misalnya saja pada produksi teflon tentu menggunakan zat kimia ini.

 

Namun jika terpapar langsung dengan tubuh manusia menyebabkan kebutaan ataupun kematian akibat penumpukan cairan dalam paru-paru.

Polonium

Racun ini ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Marie Curie, yang kemudian juga menjadi racun pembunuh dari penemu tersebut. Racun ini jika terkena tubuh manusia dapat mematikan dalam jangka waktu beberapa hari dengan merusak organ-organ vital dalam tubuh.

Sianida

Seluruh masyarakat indonesia pasti mengetahui racun jenis ini semenjak terjadinya salah satu kasus percobaan pembunuhan menggunakan jenis racun tersebut di sebuah cafe di Jakarta. Sianida sendiri adalah sebuah senyawa kimia yang biasa digunakan dalam produksi asetonitril. Bahan asetonitril ini biasanya kemudian masih diproduksi lagi menjadi berbagai macam barang-barang plastik, karet, akrilik dan sebagainya.

 

Selain itu zat ini memiliki banyak manfaat lainnya. Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, ternyata jika terpapar ke tubuh manusia memiliki bahaya yang dapat menyebabkan kematian. Racun sianida ini sangat mudah ditemukan pada buah-buahan di sekitar kita, salah satunya yaitu pada biji buah apel.

Batrachotoxin

Racun ini adalah racun yang cukup berbahaya bagi manusia. Racun ini muncul dari hewan katak, namun bukan dari kulit daging atau bagian tubuhnya yang lain. Melainkan berasal dari sisa makanan dari hewan katak tersebut. Katak tersebut biasa disebut katak racun emas kolombia. Bahkan konon katanya satu racun ini dapat membunuh 24 orang sekaligus.

 

Arsen

Racun yang satu ini juga cukup terkenal di indonesia lantaran pernah ditemukan menjadi bahan yang digunakan untuk melakukan percobaan pembunuhan pada seorang aktivis pada masa lalu yaitu Munir.

Arsen atau arsenik jika terkena tubuh manusia akan memiliki gejala serupa dengan terkena sakit kolera. Mulai dari gangguan pencernaan, kejang-kejang, hingga kematian. Walaupun dalam jumlah yang kecil, zat ini sudah cukup berbahaya untuk manusia, hingga dapat menimbulkan penyakit kanker.

Brodifacoum

Racun ini cukup jarang ditemukan dalam kehidupan manusia. Namun biasanya racun ini dapat ditemukan pada produk racun tikus.

Cara kerja racun ini adalah dengan mencegah terjadinya pembekuan dalam darah. Sehingga jika manusia terkena racun ini, darah yang ada dalam tubuhnya dapat keluar dari lubang-lubang tubuh terkecil sekalipun. Sehingga dapat menyebabkan pendarahan yang dapat menyebabkan kematian.

Risin

Racun yang satu ini memiliki nama yang tidak terdengar berbahaya. Bahkan sumber dari racun ini juga sering berada di sekitar kita, yaitu biji jarak. Namun ternyata risin termasuk sebuah racun yang memiliki tingkat daya racun yang sangat tinggi. Jika racun ini dibentuk seperti bubuk, satu ujung jari saja sudah dapat membunuh 1 orang dewasa.

racun mematikan

 

Cara kerja racun yang satu ini adalah dengan membekukan sel darah merah dalam tubuh. Sebagai salah satu racun paling berbahaya di dunia, risin masuk ke dalam kategori super racun sehingga sangat berbahaya untuk manusia.

Itulah 7 racun yang paling mematikan di dunia yang pernah ada, semoga bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel kami mengenai 7 candi terbesar yang ada di Indonesia.

Masukkan komentar anda.

3 Comments

3 Comments

  1. Billy Tan

    December 22, 2017 at 4:16 PM

    thanks info nya min.. guna bgt ini

  2. Pingback: 7 Burung Cantik Yang Mulai Langka Di Dunia Ini Akan Sulit Anda Lihat Lagi | SNARG

  3. Pingback: Kejadian Penampakan Alien Diberbagai Negara | SNARGnet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top