Nature

Simak Sejarah Tentang 7 Agama Tertua di Dunia

Simak Sejarah Tentang 7 Agama Tertua di Dunia

Di dunia ada banyak jenis agama yang telah muncul sejak masa lampau. Mulai dari pemujaan berbagai wujud dari benda-benda tata surya, air, bahkkan hingga penyembahan pada berbagai makhluk astral seperti yang dikenal dengan satanisme.Namun beberapa agama rupanya memiliki umur yang sudah tidak muda lagi. Bahkan beberapa juga sudah punah.

Berikut ini akan dibahas mengenai 7 agama tertua di Dunia yang telah tercatat oleh sejarah. Simak ulasan singkatnya berikut ini.

  • Brahmanisme

Agama Brahmanisme

Agama tertua di dunia yang pertama adalah Brahmanisme atau ada yang menyebutkan Weda Brahmanisme. Agama yang berada pada masa antara tahun 8000-6000 sebelum masehi ini meyakini adanya kekuatan alami yang berasal dari para dewa-dewi diantaranya Dewa Matahari, Dewa Api, Dewa Angkasa, Dewa Siwa dan lain-lain.

  • Hindu

Agama Hindu

Agama Hindu muncul di antara tahun 7000-6000 sebelum masehi. Agama yang memiliki kitab Weda ini merupakan agama yang berasal dari benua India. Hindu memiliki penganut yang besar sehingga berada di peringkat ketiga di dunia dan tertua kedua di dunia. Agama ini merupakan agama konversi dari Brahmanisme yang berasal dari masa sebelumnya. Menggunakan candi sebagai tempat ibadah dan persembahan kepada dewa.

  • Buddha

Agama Buddha

Pada urutan ketiga sebagai agama tertua di dunia adalah agama Buddha. Agama yang dibawa oleh seorang guru agama yang bernama Siddharta Gautama ini memiliki penganut yang besar dibawah Hindu. Agama ini berada di masa 2600 sebelum masehi. Sama seperti agama Hindu, agama Buddha menggunakan candi sebagai tempat peribadatan dan persembahan kepada para dewa. Perbedaannya ada di bentuk candi antara Buddha dan Hindu. Di Indonesia, agama Buddha masih memiliki penganut meskipun tidak sebanyak agama yang lain.

  • Yahudi

Agama Yahudi

Agama tertua keempat adalah agama Yahudi. Agama Yahudi berasal dari tahun 6000 sebelum masehi. Penganut agama ini tersebar di beberapa benua. Penganut terbanyak berada di Negara Israel dimana sejarah tentang agama ini tercipta. Yaitu saat Nabi Musa menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan yang dilakukan bangsa Mesir. Sehingga mulai saat ini Nabi Musa dijadikan sebagai cahaya bagi manusia sedunia.

  • Kristen

Agama Kristen

Agama Kristen memiliki banyak pengikut sampai sekarang ini mencapai 2,2 milyar yang ada di seluruh dunia. Agama ini juga berada di urutan kelima sebagai agama tertua di Dunia karena lahir di antara tahun 6 – 4 sebelum masehi. Agama ini meyakini Yesus Kristus sebagai Tuhan dengan kitab injil yang berupa perjanjian lama dan baru.

  • Shinto

Agama Shinto

Agama tertua yang ada di urutan keenam adalah agama Shinto. Agama ini berasal dari Negara Jepang pada masa Restorasi Meiji. Agma ini merupakan agama yang meyakini dan memuja gejala-gejala alam yang terjadi. Agama yang menjadi agama resmi di Negara asalnya ini memiliki penganut hampir sebanyak 70 juta penganut yang tersebar di seluruh dunia.

  • Agama Tradisional China

Agama Tradisional China

Agama tradisional China atau yang sering disebut dengan Kon Fut Se ini muncul pada tahun 551 – 479 sebelum masehi yang dibawa oleh seorang gru atau filsuf social yang berasal dari Tiongkok, China. Ajarannya masih erat dengan adat-adat Tionghoa. Di Indonesia agama ini dikenal dengan nama Kong Hu cu yang memiliki beberapa penganut juga.

Demikian informasi mengenai 7 agama tertua yang ada di dunia. Ada beberapa yang masih bertahan sampai sekarang atau telah berkembang menjadi agama lain. Semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda.

Masukkan komentar anda.

To Top