Nature

Suku-suku di Indonesia Merupakan 7 Suku Terbanyak di Dunia

Suku-suku di Indonesia Merupakan 7 Suku Terbanyak di Dunia

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar nomor 4 di dunia, dengan jumlah penduduk sebanyak 249 juta jiwa dan masih terus berkembang. Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak ini, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia dengan 13.466 pulau di wilayahnya.

Maka dari sini sangat terlihat keberaneka ragaman penduduk di Indonesia, dengan dipisahkan satu pulau dengan pulau yang lain menimbulkan perbedaan kebudayaan dan tradisis satu sama lain. Penyebaran penduduk di Indonesia tersebar di pulau-pulau besar di Indonesia mulai dari yang terpadat yaitu Pulau jawa, Pulau sumatera, Pulau Sulawesi, Pulau Kalimantan, Pulau Papua dan Maluku. Selain itu Indonesia juga memiliki ratusan suku-suku yang masih eksis. Suku-suku di Indonesia merupakan suku terbanyak di dunia akan dibahas diparagraf kedua dibawah ini.

Suku-suku di Indonesia sebenarnya ada banyak yang masih eksis, namun dalam artikel ini hanya akan membahas 7 suku terbanyak di dunia yaitu :

  • Suku Jawa

Suku Jawa

Suku Jawa adalah suku bangsa terbesar di Indonesia, sebenarnya suku jawa itu selain jawa tengah, jawa timur dan Daerah istimewa Yogyakarta termasuk juga Jakarta dan jawa barat. Suku Jawa terkenal dengan kelembutanya dan kesopanan dalam melakukan segala hal. Etika menjadi hal yang paling dipegang teguh oleh suku jawa. Berdasarkan sensus terakhir 2010, suku jawa berjumlah 95.217.002 Jiwa.

  • Suku Sunda

Suku Sunda

Suku sunda adalah kelompok etnis yang berlokasi di bagian barat pulau jawa. Orang sunda dikenal dengan kulit-kulit bersih dan mulusnya, banyak wanita cantik disana. Berbeda dengan orang Jawa walaupun sebenarnya sama-sama terletak dijawa, orang unda memiliki sifat yang ceplas-ceplos apa adanya. Berdasarkan sensus terakhir 2010, suku sunda berjumlah sebanyak 36.701.607 jiwa.

  • Suku Batak

Suku Batak

Suku Batak merupakan salah satu suku terbesar  di Indonesia bahkan dunia, suku ini terletak d pantai barat dan timur sumatera utara. Suku ini dikenal dengan karakter yang pemberani jago berdebat dan keras. Menurut sensus terakhir 2010, suku batak berjumlah sebanyak 8.466.968 Jiwa.

  • Suku Madura

Suku Madura

Suku Madura merupakan salah  satu suku yang ada di pulau jawa dengan sifat yang keras dan suara yang keras juga. Suku ini terkenal dengan satenya yang melanglang buana dari sabang sampai merauke. Menurut sensus terakhir tahun 2010, suku Madura berjumlah sebanyak 7.179.365 Jiwa.

  • Suku Betawi

Suku Betawi

Suku betawi terletak di pulau jawa tepatnya di Jakarta, suku betawi merupakan campuran dari berbagai macam suku yang ada di Indonesia. Budaya yang terkenalnya adalah ondel-ondel, menurut sensus terakhir 2010, suku betawi berjumlah 6.807.968.

  • Suku Minangkabau

Suku Minangkabau

Suku Minangkabau terletak di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Utara, dan Aceh. Mereka menyebut diri mereka sendiri dengan sebutan urang awak. Menurut sensus terakhir 2010, suku minangkabau berjumlah 6.462.713 jiwa.

  • Suku Bugis

Suku Bugis

Suku Bugis adalah kelompok etnis di wilayah sulaweasi, yang terkenal dengan gadis cantik-cantiknya dengan mahar yang segunung untuk meminangnya. Menurut sensus terakhir 2010, suku Bugis berjumlah 5.359.000 jiwa.

Demikian sedikit artikel mengenai suku-suku di Indonesia yang merupakan suku dengan jumlah penduduk terbanyak didunia. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat bagi anda yang memerlukan.

Masukkan komentar anda.

To Top